Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kerjasama dengan Nikola: produsen truk Iveco shake parket

Kolaborasi dengan Nicola
Pembuat truk Iveco tersentak di parket

Setiap awal sulit: CNH Group ingin fokus pada mesin konstruksi dan mendaftarkan anak perusahaannya Iveco di bursa saham. Hari pertama perdagangan tidak terlalu menyenangkan.

Pada hari pertama perdagangannya sebagai perusahaan independen, pembuat truk Italia Iveco disambut dengan minat yang besar dari investor. Saham tersebut dijual dengan harga €11,26, yang sesuai dengan kapitalisasi pasar sebesar €3,05 miliar. Ketika bel terakhir berbunyi, tagihannya adalah €10,30, sementara itu jatuh di bawah €9,70. November lalu, analis masih mempertimbangkan kemungkinan memperkirakan empat miliar euro. Analis menunjuk perdagangan yang lemah setelah liburan. Selain itu, bursa saham di London pun ditutup. Dia menambahkan bahwa karena itu akan memakan waktu beberapa hari sebelum reaksi terhadap perpecahan dapat dinilai dengan lebih baik.

IVECO 10,32

Presiden Iveco Gerrit Marks mengatakan Iveco ingin memposisikan dirinya sebagai pemain kecil namun dinamis di pasar kendaraan komersial setelah berpisah dari perusahaan induk CNH Industrial. Konversi sedang berlangsung dalam bisnis truk tugas berat, tetapi “sudah dalam kondisi yang sangat baik”.

“Kami kecil, tapi kami bisa bertindak sangat cepat,” kata Marks. “Kami telah membuktikan bahwa kami dapat mengembangkan truk listrik dan membawanya ke produksi seri hanya dalam dua tahun.” Iveco memasuki bisnis truk listrik relatif terlambat dan bermitra dengan perusahaan AS Nikola untuk memproduksi kendaraan listrik baterai.

Marx terbuka untuk kemitraan lebih lanjut. Dalam kasus truk berat khususnya, dapat membantu untuk bekerja dengan perusahaan lain, tidak harus di Eropa.

Iveco adalah produsen truk terkecil di Eropa dan selalu menjadi target akuisisi. Marx menolaknya: “Kami akan menjalin kemitraan, kami tidak akan menjual diri kami sendiri.” Monica Bossio, seorang analis di Intesa Sanpaolo, mengatakan Iveco mampu tetap independen, “tetapi dalam jangka menengah hingga panjang, kesediaan untuk bermitra dapat mengarah pada konsolidasi.”

Dengan spin-off dari CNH Industrial, Iveco mengikuti langkah serupa yang diambil oleh pesaingnya yang lebih besar, Daimler Truck dan Traton. Pemegang saham CNH menerima satu saham Iveco untuk setiap lima saham CNH. Dengan langkah ini, CNH ingin fokus pada mesin pertanian dan mesin konstruksi. Analis Bosio mengatakan pasar akan dihargai dalam jangka pendek.

READ  Euro jatuh lagi terhadap dolar AS: level terendah dalam hampir 20 tahun