Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kertas Wirecard Rahasia Terungkap: EY Menghilangkan Sejumlah Tanda Peringatan

Kertas rahasia Wirecard telah terungkap
EY melewatkan sejumlah tanda peringatan

Memang, komisi penyelidikan seharusnya menjelaskan kasus Wirecard. Tapi dari semua hal, laporan auditor Wambach tentang pekerjaan EY sejauh ini dirahasiakan dari publik. 168 halaman sekarang dapat dilihat.

Handelsblatt telah menerbitkan teks lengkap dari laporan pekerjaan firma audit EY di Wirecard, yang diklasifikasikan sebagai rahasia. Tim yang mengelilingi Martin Wambach memperoleh EY. Menurut laporan, yang berkaitan dengan skandal ekonomi terbesar dalam sejarah Republik Federal Jerman, auditor yang telah meninjau anggaran Wirecard sejak 2009 telah melewatkan banyak sinyal peringatan.

Dengan demikian, analisis penyelidik swasta juga menunjukkan bahwa: Jika EY secara konsisten melakukan audit terhadap standar Institute of Auditors (IDW), perilaku bisnis mungkin telah terdeteksi terlalu cepat. Auditor menemukan “defisit akuntansi yang signifikan” pada awal tahun 2015, yang akan dinilai sebagai “indikator penipuan” dan “auditor dapat mengidentifikasinya seperti itu.”

“Laporan Wampac” setebal 168 halaman Menurut Handelsblatt, pernyataan seperti: “EY tidak mengungkapkan diskusi atau validasi apa pun tentang kemungkinan distorsi ini.” Dalam dokumen EY, baik “posisi kritis yang diperlukan” maupun “penilaian risiko yang lebih tinggi dari auditor” yang dihasilkan dari situasi tertentu tidak dapat ditentukan.

Secara khusus, dokumen rahasia menyatakan, misalnya, bahwa EY mengandalkan akuisisi yang sangat penting dari grup Hermes India “terutama pada data lisan dan tertulis dari orang yang dicurigai” dan pada perjanjian pembelian yang signifikan dengan Grup Dunia dari Dubai yang tampaknya gagal mencatat bahwa kontrak tersebut memuat nama perusahaan lain enam kali, bukan perusahaan dunia.

EY tidak ingin mengetahui semua ini dan menolak untuk mengklaim pelanggaran. “Sesuai dengan standar audit IDW, evaluasi retrospektif tidak memungkinkan kesimpulan apa pun tentang kesalahan auditor,” kata juru bicara Handelsblatt. Selain itu, penyidik ​​hanya dapat melihat aspek individu dari kegiatan audit EY selama bekerja. Auditor EY bertindak “sesuai dengan pengetahuan dan keyakinan mereka”.

Kantor Kejaksaan Munich saat ini sedang menyelidiki dua penyelidik dari EY atas dugaan memberikan bantuan, terlepas dari semua upaya oleh Relativitas. Selain itu, otoritas pengawas APAS telah meluncurkan penyelidikan bahwa karyawan dapat kehilangan lisensi mereka. Namun, saat ini belum jelas apakah ini masalahnya, dan jika demikian, sejauh mana EY dapat bertanggung jawab atas kerusakan besar yang telah terjadi. Karena saham Wirecard, yang telah mencapai rekor level hampir 200 euro, sekarang hanya bernilai beberapa sen dan disandera oleh para spekulan.

READ  Di masa depan, kami akan mengirimkan telepon, skuter, dan mobil di loker paket