Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Ketua Mahkamah Agung India seharusnya tidak memiliki kekuasaan untuk menetapkan kasus ke kursi, penugasan harus otomatis: Dushyant Dev

Ketua Mahkamah Agung India seharusnya tidak memiliki kekuasaan untuk menetapkan kasus ke kursi, penugasan harus otomatis: Dushyant Dev

Advokat Senior Dushyant Dev telah menyatakan keprihatinannya tentang proses penyerahan kasus ke Mahkamah Agung oleh Ketua Mahkamah Agung India sebagai “Ketua Daftar”.

berbicara dalam wawancara Dave berkata kepada Manu Sebastian, Redaktur Pelaksana LiveLaw:

“Saya merasa Ketua Mahkamah Agung sebagai Ketua Daftar sama sekali tidak memiliki wewenang untuk menetapkan masalah apa pun ke kursi mana pun. Prosesnya harus sepenuhnya otomatis dan harus otomatis dan terkomputerisasi sehingga tidak ada tangan manusia yang benar-benar dapat menyentuhnya. Ya, a Ketua dapat Hakim dapat memutuskan komposisi kursi, dan ketua hakim dapat memutuskan untuk mengalokasikan subjek ke kursi tersebut, tetapi setelah selesai, komputer akan secara otomatis menyala dan terus mengirim masalah sesuai dengan interpretasinya sendiri. intervensi oleh Registry atau Ketua Hakim sangat merepotkan.”

Misalnya, Dave mengatakan bahwa contoh rumah perusahaan tertentu ditugaskan ke satu kursi tertentu.

“Bagaimana Anda menjelaskan bahwa sembilan putusan dari salah satu perusahaan terbesar telah disahkan oleh panel yudisial yang dipimpin oleh Hakim Arun Mishra? Meskipun begitu? Pesan saya di bulan Juni 2019, pada saat itu, empat pertanyaan telah dikirim, setelah itu Ketua Mahkamah Agung Gogoi mengirim lima lagi…. Apa artinya ini bagi Anda? Ketika buku Hakim Gogoi diluncurkan, dia menyambut kepala entitas perusahaan bersama keluarganya pada peluncuran buku ini? Apa ini memberitahu Anda? Sungguh menjengkelkan melihat kecelakaan seperti ini bisa terjadi dan semua orang di Mahkamah Agung ingin menutup mata! Apa yang dilakukan para hakim? Mahkamah Agung terutama terdiri dari hakim yang baik! Mengapa hakim yang baik diam? Apakah Mahkamah Agung meja khusus untuk rumah perusahaan? Hal ini terjadi untuk waktu yang sangat lama! Saya ingat dulu sekali ketika mantan Ketua Menteri Kerala didakwa atau semacamnya – Hakim Balakrishnan adalah Ketua Mahkamah Agung – pada masa itu, perintah itu hanya diberikan ke lima kursi pertama ketika disebutkan, dan perintah itu dikirim ke pengadilan 9 atau 10 dan segera Perintah sementara telah diberikan. Ini terjadi berulang kali.”

Bisnis rekaman tidak jelas; Pengacara muda menderita; Hakim harus mendengar keluhan asosiasi pengacara

Dave juga berbagi keprihatinan tentang cara kerja registri.

Ada perasaan yang berkembang di antara banyak pengacara muda bahwa kasus mereka tidak berlangsung selama berbulan-bulan dan bahwa masalah beberapa advokat yang kuat – dalam catatan – tiba-tiba terdaftar, dan kadang-kadang meskipun ada putusan yang sama, pengacara lain telah mendaftarkan permohonan di Mahkamah Agung pada waktu yang jauh lebih awal. Semua hal ini mengirimkan pesan yang sangat salah. Sebagai kepala asosiasi pengacara, saya mencoba untuk berbicara dengan setiap hakim agung dan saya harus mengatakan bahwa Ketua Mahkamah Agung Thakur mencoba untuk melindungi sistem secara luar biasa dan ada banyak interaksi. Dia bahkan menciptakan semacam kelompok hakim dan pengacara untuk menangani keluhan; Sayangnya, begitu dia mengundurkan diri, hakim berikutnya tidak memperdulikan mekanisme penanganan pengaduan ini. Harus ada mekanisme. Hari ini, hakim adalah master mutlak. Tidak ada cara untuk memberi tahu wasit apa yang terjadi.

READ  Guru membagikan pesan tulus yang dia terima dari siswa tersebut 20 tahun kemudian, dan umpan baliknya secara online

Suatu hari pada sebuah kasus, ketika saya muncul di depan bangku tertentu yang namanya tidak akan saya sebutkan, saya memberi tahu para hakim, ketika mereka sedikit kesal dengan fajar saya, Anda mengatakan Anda datang dan duduk di sisi pub dan menemukan tahu apa yang terjadi pada rekaman itu. Pengacara muda ini sudah menderita. Lawan sebenarnya sudah menderita. Penggugat yang kuat terkadang mendapatkan slot yang lebih cepat dan terkadang slot yang menguntungkan ”.

Saya harap Ketua Hakim akan mencoba untuk memperbaiki situasi Registry

“Saya akan berpikir Ketua Hakim Ramana akan mencoba untuk memperbaiki situasi – saya harus mengatakan bahwa setidaknya pada tugas, Hakim Ramana tidak dapat berbuat banyak, meskipun dia telah melakukan beberapa pekerjaan yang baik di banyak bidang lain, dan dia pasti telah belum terungkap Bahwa empat Hakim Agung berturut-turut telah mengecewakan negara dan warganya. Tapi saya berharap, berharap dan berdoa agar Hakim Lalit dan Chandrachod dan kemudian Hakim Khanna dan kemudian Hakim Agung akan segera bertindak untuk menghentikan apa yang terjadi. Anda tidak bisa tidak biarkan situasi seperti ini di mana perusahaan hanya di sini untuk berhasil dalam setiap kasus yang mereka perdebatkan Itu di depan Mahkamah Agung. Tingkat keberhasilan mereka secara mengejutkan lebih dari 90%. Itu tidak terjadi. Mengapa itu terjadi? Anda tidak bisa bicara tentang banyak hal dalam jenis wawancara ini, tetapi ada banyak hal yang bisa dikatakan untuk Ketua Mahkamah Agung mengenai apa yang terjadi yang sebagian dari kita ketahui. Tetapi kita tidak dapat berpartisipasi dan tidak mungkin Anda dapat berbagi dengan Joe Diggs. menjadi beberapa interaksi di mana para hakim harus tahu apa yang sedang terjadi dan apa yang dilakukan sesama hakim mereka dan bagaimana mereka merusak institusi dan reputasinya.

Satu hal yang harus saya katakan adalah bahwa orang pada umumnya pasti berbicara tentang kegagalan Mahkamah Agung untuk memberikan keadilan secara imparsial. Orang berbicara tentang kursi selektif yang terdiri dari hal-hal selektif atau hal-hal yang dikirim ke beberapa kursi; Dan bahkan orang-orang yang tidak terkait dengan hukum, saya pernah mendengar mereka membicarakannya dan mengajukan pertanyaan kepada saya di seluruh negeri dan saya harus membela yayasan saya sehingga saya tidak terlalu banyak bicara. Karena Anda menyukai organisasi yang telah Anda ikuti selama lebih dari 40 tahun. Juri harus memberi kita kesempatan ketika kita bisa berbicara langsung dengan mereka. Dan saya memberi tahu mereka bahwa kesalahan telah sampai pada titik bahwa kecuali mereka bergerak cepat, saya tidak berpikir kita bisa memperbaiki situasi.”

Ditanya apakah dia telah mengangkat masalah ini di hadapan Ketua Hakim selama dua masa jabatannya sebagai Presiden Asosiasi Pengacara Mahkamah Agung, Dave berkata:

“Saya harus mengatakan bahwa saya membesarkan mereka dengan setiap Hakim Agung yang ada – ada Hakim Agung Thakur yang menanggapi dengan sangat positif setiap kali saya menunjukkan pelanggaran apapun. Dan saya harus mengatakan bahwa bahkan Sekretaris Jenderal pada masanya atau bahkan nanti, ketika Ketua Keadilan Hakim Boobuddy ada di sana, meskipun Ketua Hakim Boobuddy cukup mengecewakan. Tetapi Sekretaris Jenderal … berulang kali, saya akan mengangkat telepon ketika seorang anggota junior pub menelepon saya dan mengeluh bahwa perintahnya tidak sudah terdaftar, meskipun mendesak dan dilayani Sudah lama sekali, namun, saya akan segera memberi mereka nomor dan mereka akan memastikan bahwa masalah itu dimasukkan. Jadi saya melakukan semua yang saya bisa. Tapi ada batasan sebagai Presiden. Sebagai Presiden, kami tidak. Untuk bertemu Ketua Hakim dengan cara ini tetapi hanya pada kesempatan tertentu. Tapi Ketua Hakim Thakur telah memberi saya akses virtual dan benar-benar terbuka kepada saya. Dia mengatakan jika ada sesuatu tentang lingkungan yang Anda inginkan untuk berdiskusi, Anda dipersilakan untuk datang dan berdiskusi dengan saya. Ini adalah bagaimana saya dapat memiliki ruang bar untuk pertama kalinya dalam 75 tahun. Saya dapat memiliki kantin Bagus untuk bar. Saya berhasil mendapatkan gedung pengadilan untuk pertama kalinya Sekali dalam sejarah Mahkamah Agung – tidak ada yang berpikir berperkara sampai saya menjadi presiden. Kita bisa memiliki kamar mandi wanita yang lebih besar, dan kita bisa menyelesaikan kompleks perumahan bar di Greater Noida. Dalam semua itu, Ketua Hakim Thakur telah secara konsisten membantu. Masalah apa yang bisa didiskusikan dengannya. Bahkan dengan Bar dan Ombudsman dan rekan-rekan saya – Wakil Presiden, Sekretaris dan Anggota Senior, kami biasa pergi dan berdialog dengan Hakim Senior dari J2 hingga J6 dan berdiskusi tentang berbagai masalah. Ada diskusi yang tidak diblokir. Pejabat Senior Registry akan hadir dan akan segera diarahkan untuk mengambil tindakan korektif atau perbaikan. Itu adalah waktu yang indah. Tetapi dengan Ketua Hakim Bobby, dia tidak sekali pun setuju untuk bertemu, melainkan ke komite saya. Itu adalah pengalaman yang sangat mengecewakan. Saya berharap hal-hal akan berubah.”

Jika kasus di pengadilan yang lebih tinggi dapat didaftarkan pada hari berikutnya, mengapa tidak di Pengadilan Tinggi?

Ketika pewawancara menunjukkan kepada Dave bahwa bahkan para hakim memiliki Dia baru-baru ini mengungkapkan ketidakpuasannya Dengan registri untuk menghapus kasus dari daftar, Dave berkata:
“Sebagian besar hakim ini berasal dari pengadilan tinggi. Beberapa dari mereka ditunjuk langsung dari bar. Mereka semua mengetahui satu fakta – di setiap pengadilan tinggi di negara ini, jika Anda mengajukan kasus, itu akan terdaftar di 2- 3-4 hari Di sebagian besar pengadilan tinggi, seperti Gujarat , masalah tersebut akan dimasukkan keesokan harinya dengan sisipan yang mendesak. Dan sebagian besar masalah pasti akan muncul pada tanggal pemberitahuan yang dapat dikembalikan, kecuali jika biaya proses dibayarkan dalam kasus tertentu . Tapi ini tidak pernah terjadi … Pengadilan memiliki kendali penuh atas dewan mereka di Mahkamah Agung. Mahkamah Agung Uniknya tidak berhasil, para hakim yang sama yang berasal dari pengadilan yang lebih tinggi ini, banyak dari mereka adalah presiden dari pengadilan yang lebih tinggi. Namun, mereka tidak mau mengambil tindakan korektif atau ingin mengabaikannya sama sekali. Mereka tahu masalahnya. Anggota pub yang muda dan tidak berhasil menghadapi masalah besar. Lihat, mereka memiliki satu atau dua ringkasan dalam sebulan Mereka seharusnya memiliki akses ke urusan mereka daftar dalam satu atau dua atau tiga hari E Bukan advokat terdaftar yang kuat yang mengajukan 50 kasus dalam sebulan Pria dan wanita muda ini sangat membutuhkan dukungan yayasan, dan mereka membutuhkan pelanggan mereka untuk diadili Jadi bisakah mereka melihat pengarahan pengacara dari negara bagian? Apa yang bisa mereka katakan kepada mereka? Sungguh mengerikan bahwa pendaftar begitu tidak menyadari rasa sakit para anggota muda bar ini atau anggota bar yang tidak berhasil. Dan mereka hanya tidak ingin membantu mereka.

Tidak ada Hakim Agung yang ingin membantu orang-orang ini kecuali Hakim Thakur, seperti yang saya katakan, dalam ingatan terakhir saya. Hal-hal yang jauh berbeda, misalnya, ketika Hakim Agung Venkatachalia menjadi ketua pengadilan, Anda bisa berdiri di depannya dan mengingat apa saja dan dia akan segera memerintahkan…bahkan dengan Hakim Agung Ahmadi. Saya pikir mereka sangat responsif terhadap kebutuhan para penggugat dan kebutuhan bar. Mereka hidup dengan masalah mereka. Akhir-akhir ini, dalam 10 hingga 15 tahun terakhir, saya merasa mereka telah dibutakan oleh masalah ini. Orang-orang memiliki masalah besar seperti itu. Penggugat membutuhkan keadilan dengan cepat. Jika Anda tidak memberi mereka keadilan, apa yang terjadi? Jika sistem bekerja di Mahkamah Agung, mengapa tidak bekerja di sini? Kepala meja, hakim agung, juga hakim agung. Tapi dia tidak banyak ikut campur. Hal-hal yang terlalu sensitif, dia mungkin menetapkan untuk dirinya sendiri, tetapi hal-hal hanya terjadi secara alami sebaliknya. Ada daftar, ada topik, dan riwayat mengirimkannya secara otomatis. Hanya berjalan 2 km di seberang jalan ke Pengadilan Tinggi Delhi, itu tidak akan pernah terjadi.

Hakim harus berpikir serius tentang kasus ini. Jika tidak direfleksikan, MA akan semakin banyak dikritik yang tidak baik bagi lembaga. Ini adalah institusi yang hebat dan perlu untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah-masalahnya sehingga rasa hormat yang menjadi haknya untuk memerintah dan rasa hormat yang telah diperintahkan dapat berlanjut di masa mendatang.”

READ  Lebih dari 90 ular ditemukan di bawah sebuah rumah di California, foto menjadi viral | umum