SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Ketua Parpol Daftar ke PDIP

  • Reporter:
  • Rabu, 18 September 2019 | 11:12
  • Dibaca : 86 kali
Ketua Parpol Daftar ke PDIP
(foto kiri) Ketua Golkar Batam Ruslan Ali Wasyim mendaftar ke PDIP, Senin (16/9). (foto kanan) Ketua PKB Kepri Abdul Basith Bas mengambil formulir pendaftaran Pilkada 2020 lewat PDIP. /ist

BATAM – Ketua Golkar Batam Ruslan Ali Wasyim dan Ketua Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Basith Has mendaftar ke PDIP sebagai kandidat Pilkada 2020. Ruslan santer disandingkan dengan mantan Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo.

Peluang mantan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo berpasangan dengan Ketua DPD Golkar Kota Batam Ruslan Ali Wasyim (Lurus) dalam pemilihan kepala daerah Batam 2020 semakin terbuka. Hal itu setelah keduanya resmi mendaftarkan diri di DPC PDIP Kota Batam sebagai Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam.

Lukita sudah mengembalikan formulir pendaftaran, Senin (16/9) sore. Ia bersama Ketua Kadin Batam Jadi Rajagukguk dan mantan Wali Kota Batam Nazief Soesila Dharma disambut Sekretaris PDIP Batam Ernawati, Ketua Tim Penjaringan Sulhan dan Koordinator Komunikasi Politik, Budi Mardiyanto.

Di hari yang sama, Ruslan Ali Wasyim yang didampingi Sekretaris dan Bendahara Golkar Batam mengambil formulir pendaftaran sebagai satu-satunya Balon Wakil Wali Kota Batam. Ia disambut Ketua PDIP Batam Nuryanto, Bendahara Putra Yustisi Respaty dan Koordinator Komunikasi Politik, Budi Mardiyanto serta lainnya.

Berdasarkan ketentuan setiap partai politik minimal harus memiliki 10 kursi dalam mengusung pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam. Artinya, tidak ada satupun partai politik yang bisa mengusung pasangan tanpa berkoalisi.

Dalam pemilihan legislatif yang lalu, PDIP Batam berhasil mendapatkan delapan kursi dan Golkar Batam meraih tujuh kursi di DPRD Kota Batam. Dengan begitu, koalisi PDIP dan Golkar memiliki 15 kursi.

Hingga kini, sudah ada beberapa nama yang mendaftar di partai berlambang banteng tersebut. Di antaranya, Lukita Dinarsyah Tuwo, Mustofa Widjaja, Erma, Candra Ibrahim dan Abdul Basith Has. Sedangkan Ruslan merupakan satu-satunya peserta yang mendaftar sebagai bakal calon wakil wali kota Batam.

“Saya yakin (Lukita dan Ruslan). Kalau nanti sudah kami kembalikan formulir berarti resmi (berkoalisi),” kata Bendahara Golkar Batam, Hendra Asman kepada KORAN SINDO BATAM, Selasa (17/9).

Ketua PDIP Batam Nuryanto mengatakan, pihaknya akan menyerahkan nama-nama yang sudah mendaftar ke DPP melalui DPD PDIP Kepri untuk diusung dalam pilkada Batam nanti.

“Kami diminta mengirimkan minimal dua pasangan. Berarti dua nama calon wali kota dan dua nama untuk calon wakil wali kota Batam,” katanya.

Abdul Basith Daftar ke PDIP

Sementara itu, Ketua DPW PKB Kepri Abdul Basith Has mengambil formulir pendaftaran ke PDIP Kota Batam, Selasa (17/9). Kedatangan Basith bersama Sirajuddin Nur dan Ketua DPC PKB Batam Jeffry Simanjuntak serta pengurus lainnya disambut Ketua PDIP Batam Nuryanto beserta jajaran pengurus.

“Ini sebagai dukungan kami kepada Ketua DPW PKB Kepri untuk ikut berkompetisi dalam pemilihan mendatang,” kata Jeffry.

Ketua Tim Penjaringan, Sulhan mengatakan pihaknya akan menerima pendaftaran maksimal hingga 20 September 2019. Selanjutnya, pihaknya akan melaporkan proses pendaftaran kepada DPP paling lambat 23 September.

Ia menegaskan, PDIP Batam hanya melakukan verifikasi dokumen dan tidak memiliki hak menentukan calon yang akan diusung nantinya. “Semua tergantung pusat. Kami hanya memverifikasi data administrasi saja,” katanya. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com