Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Koin $1 Triliun dan Batas Waktu Batas Utang AS

Koin $1 Triliun dan Batas Waktu Batas Utang AS

Masalah Plafon Utang AS: Sementara cara yang jelas untuk menangani tenggat waktu utang, adalah agar Kongres AS menaikkan plafon utang – itu berarti politisi (baik Demokrat maupun Republik) berkumpul dan menyepakati solusi – yang sulit di mana pun! Tanpa kesepakatan politik, apa yang bisa dilakukan pemerintah AS?

Saya telah mendengar para ahli di pasar keuangan berbicara tentang tenggat waktu yang semakin dekat untuk plafon utang AS dan bagaimana risiko gagal bayar di pihak AS tidak sepenuhnya diapresiasi oleh pasar.

Agar adil, pasar telah belajar untuk menangani masalah ini dengan caranya sendiri. Lagipula, AS selalu menaikkan/memperpanjang/menangguhkan/meninjau plafon utang dan selalu menghormati utangnya. Seperti yang ditunjukkan J.P. Morgan, sejak 1960 Kongres AS telah melakukannya 78 kali – baik di bawah kepresidenan Republik maupun Demokrat. Pasar juga yakin dengan keputusan tahun ini.

Sebelum saya membahas judul artikel ini — “Koin $1 Triliun?” Izinkan saya dengan cepat menjelaskan tenggat waktu plafon utang AS sebagai sebuah konsep.

Seperti pemerintah lainnya, pemerintah AS memiliki pengeluaran – banyak sekali! Yang utama adalah gaji karyawan, pengeluaran untuk program (pertahanan, jaminan sosial, Medicare, Medicare, dll.) Dan pembayaran bunga utang publik. Untuk mendanai tanggung jawab ini, pemerintah Amerika Serikat memungut pajak. Selisihnya dibiayai dengan menerbitkan utang.

Sekarang Kongres AS menetapkan batas utang agregat yang berlaku untuk semua utang federal AS. Angka ini saat ini mencapai $31,4 triliun. Menteri Keuangan AS Janet Yellen menulis kepada para pemimpin kongres awal bulan ini, mengatakan bahwa Departemen Keuangan “tidak akan dapat terus memenuhi semua komitmen pemerintah pada awal Juni, mungkin paling cepat 1 Juni.”

Jadi, pada awal Juni, kurang dari 10 hari kemudian, tanpa kesepakatan politik untuk menaikkan/memperpanjang/menangguhkan/meninjau plafon utang, pemerintah AS akan kehabisan uang!

READ  Otoritas Rusia Menyetujui 'Peta Jalan' untuk Regulasi Crypto

Sekarang mari kita ke bagian yang menarik. Sementara jalan paling jelas untuk menangani tenggat waktu utang, adalah agar Kongres AS menaikkan plafon utang – itu berarti politisi (Demokrat dan Republik) berkumpul dan menyepakati solusi – yang sulit di mana pun!

Tanpa kesepakatan politik, apa yang bisa dilakukan pemerintah AS?

Ini adalah solusi yang paling tidak biasa! Departemen Keuangan/Pemerintah AS dapat mencetak satu triliun dolar koin platinum. Menurut hukum, nilai nominal koin platinum yang dicetak oleh Departemen Keuangan tidak terbatas. Idenya di sini adalah untuk mencetak satu triliun dolar koin, menyimpannya di Federal Reserve, dan menukarnya dengan uang. Ini akan membutuhkan The Fed untuk ikut serta – yang memang diberikan.

Tetapi jika sampai pada itu, apakah koin $ 1 triliun akan berhasil? Iya dan tidak. Meskipun akan menghindari gagal bayar, kemungkinan akan mengikis kepercayaan pada sistem moneter AS. Dan menjaga kepercayaan pada sistem adalah salah satu tujuan besar untuk menghindari default!

Solusi politik, seperti biasa, akan lebih disukai.