Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Koleksi besar seni modern dari dinasti Morozov

Setelah koleksi Shchoukine empat tahun lalu, Yayasan Louis-Vuitton menyelenggarakan koleksi penting Rusia lainnya hingga 22 Februari: koleksi saudara-saudara Morozov, industrialis kaya, dan pecinta seni Barat yang tercerahkan. Pameran – acara yang menyatukan lebih dari dua ratus karya agung.

Matahari putih, nuansa ungu, dan laut di bawahnya. Di kamar-kamar Yayasan Louis-Vuitton, Laut Mediterania, Sebuah trilogi monumental oleh Pierre Bonnard (1867-1947) mewakili anak-anak bermain di bawah pohon, memancar ke seluruh ruang, dikelilingi oleh sembilan lukisan lain oleh seniman, sama-sama hidup. Jika cahaya dan warna Bonnard yang memesona langsung ceria, mereka juga membangkitkan rasa nostalgia yang dibuat-buat, mirip dengan gagasan yang sedikit klise, tentang “jiwa Slavia”. Sebelum pergi, Ivan Morozov dari Rusia (1871-1921) kehilangan dirinya untuk terakhir kalinya dalam perenungan di tangga utama bekas istananya di Moskow, yang tiang-tiang marmernya membingkai lukisan-lukisan ini yang ditugaskan oleh pelukis pada tahun 1910? Mampukah dia menatap tujuh belas karya (semuanya berlokasi di Paris) oleh seniman favoritnya, Paul Cézanne, termasuk perokok pipa (1891-1892) Terlalu sedih?

Monet, Renoir, Van Gogh, Gauguin…

Pada April 1919, satu setengah tahun setelah Revolusi Bolshevik, mantan kapten industri tekstil Rusia, yang propertinya dinasionalisasi, meninggalkan bekas kediamannya di Jalan Prechistenka, mengubahnya oleh rezim baru menjadi Museum Seni Barat Modern. , di mana dia diberi tempat tinggal resmi yang sederhana dan posisi untuk bekerja… pada koleksi jarahannya. Dia melintasi perbatasan Finlandia secara diam-diam bersama keluarganya, tanpa beban, meninggalkan seluruh hidupnya dan semua lukisan, patung, dan karya seninya yang telah dikumpulkan dengan penuh semangat selama dua puluh tahun. Itu kira-kira empat ratus lima puluh karya seni Rusia dan lebih dari tiga ratus seni Barat—sekitar sepertiga di antaranya melakukan perjalanan musim gugur ini untuk pameran kembali ke sekolah.

READ  Suami Anna Karina, sutradara Dennis Berry, telah meninggal pada usia 76 tahun
  • Pembayaran yang aman
  • tanpa komitmen
  • Berhenti berlangganan sederhana