Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Koleksi sampel ketujuh untuk ketekunan

Pada hari Rabu, 29 Desember (SOL 306) Perseverance berhasil mengebor dan mengekstrak sampel batuan Mars. Data terkait downlink setelah pengambilan sampel menunjukkan bahwa pengeboran batu yang oleh tim sains bernama Isol itu berjalan lancar. Namun, saat mentransfer bagian yang mengandung sampel ke korsel bit rover (yang menyimpan bit dan meneruskan tabung ke perangkat pemrosesan tabung di dalam rover), sensor kami menunjukkan anomali. Rover melakukan apa yang dirancang untuk dilakukan – mematikan prosedur spooling dan menelepon ke rumah untuk instruksi lebih lanjut.

Ini hanya 6kamu Waktu dalam sejarah manusia sampel batu ditambang di planet selain Bumi, jadi ketika kita melihat sesuatu yang anomali terjadi, kita perlahan-lahan menerimanya. Inilah yang kami ketahui sejauh ini, dan apa yang harus dilakukan.

Sampel pencitraan ketekunan: Gambar ini menunjukkan sampel batuan berinti yang tersisa di tabung sampel setelah mengekstrak mata bor dari saluran bor pada 7 Januari 2022. Kredit: NASA/JPL-Caltech. Unduh gambar

Anomali terjadi selama Coring Bit Dropoff. Ini terjadi ketika mata bor, dengan tabung sampel dan sampel yang dibor di dalamnya, diarahkan keluar dari bor perkusi (di ujung lengan robot) dan ke dalam korsel bor (terletak di sasis bajak). Saat memproses sampel batuan pra-butir, mata bor bergerak 5,15 inci (13,1 cm) sebelum sensor mulai merekam jenis hambatan (tarikan) yang diharapkan pada kontak pertama dengan struktur melingkar. Namun, kali ini sensor mencatat resistansi yang lebih tinggi dari biasanya sekitar 0,4 inci (1 cm) lebih awal dari yang diharapkan, dan beberapa resistansi jauh lebih tinggi dari yang diharapkan selama pengoperasian.

Tim meminta data dan gambar tambahan untuk memastikan pemahaman yang tepat tentang situasi pasca-anomali. Karena kami saat ini bekerja dengan kluster “terkendala” di mana latensi data membatasi jenis aktivitas yang dapat kami lakukan di Mars, perlu waktu sekitar satu minggu untuk menerima data diagnostik tambahan yang diperlukan untuk memahami anomali ini.

READ  'Ini perlombaan': Upaya vaksin menjadi menakutkan saat varian delta menular menyebar

Berbekal dataset ini, kami mengirim perintah untuk mengekstrak mata bor dan tabung berisi sampel dari bit carousel dan melepaskan lengan robot dari bit carousel. Selama kegiatan ini, serangkaian gambar perangkat diperoleh.

Ekstraksi dilakukan kemarin (1/6) dan datanya sudah ditransfer dini hari tadi. Gambar-gambar terbaru yang terkait dengan downlink ini mengkonfirmasi keberadaan beberapa potongan puing berukuran kerikil di dalam sirkuit bit. Tim yakin bahwa ini adalah pecahan batu galian yang jatuh dari tabung sampel pada saat Coring Bit Dropoff, dan bahwa mereka mencegah bagian tersebut dari sepenuhnya duduk di korsel bit.

Perancang sirkuit bit memperhitungkan kemampuan untuk terus bekerja dengan sukses dengan puing-puing. Namun, ini adalah pertama kalinya kami menghilangkan puing-puing dan kami ingin mengambil waktu yang diperlukan untuk memastikan bahwa kerikil keluar dengan tertib dan disiplin. Kami akan terus mengevaluasi kumpulan data kami selama akhir pekan.

Ini bukan kurva pertama yang dilemparkan Mars kepada kita – hanya yang terbaru. Satu hal yang kami temukan adalah bahwa ketika tantangan teknik berjarak ratusan juta mil (Mars saat ini 215 juta mil dari Bumi), Anda perlu meluangkan waktu dan tepat. Kami akan melakukannya di sini. Jadi, ketika kita menabrak jalan beraspal Mars lagi, kumpulan sampel ketekunan kita juga siap digunakan.