Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Konektor daya GPU generasi berikutnya dapat menangani hingga 600W

Karena itu penting: GPU modern telah menggunakan konektor Molex 8-pin yang terhormat hingga batasnya. Nvidia mencaci ini dengan kartu Edisi Pendiri generasi ini, yang menampilkan konektor 12-pin; IBA memilih antara membebani papan serakah dengan tiga konduktor atau membuat mereka kelaparan dengan dua.

Konektor daya baru, yang disebut 12VHPWR, memecahkan masalah ini dengan menyediakan daya sebanyak empat konektor Molex 8-pin 600 watt. Ini adalah bagian dari standar PCIe 5.0 dan mungkin mulai diluncurkan ke GPU tahun depan.

Beberapa produsen memiliki Sudah terdaftar Colokan dan kabel 12VHPWR Anda, begitulah gambarnya. Tetapi sebagian besar detailnya dikreditkan ke Igor Lab, yang saya pelajari tentang konektor dari produsen catu daya dan AIB. Yang terakhir dibebaskan dari beralih dari delapan pin lama.

Seperti namanya, konektor 12VHPWR memiliki soket listrik 12-pin. Lebarnya 3mm, bukannya 4.2mm seperti molex. Ini juga memiliki empat pin/soket kecil di bagian bawah untuk menahan sinyal pita samping dan kait di bagian atas untuk mengamankan pin ke dalam soket.

Masing-masing dari 12 saluran listrik dapat membawa setidaknya 9,2 amp pada 12 volt. Ketika semua 12 saluran aktif, ia dapat membawa total 55.22A atau 662.4W, tetapi tidak dapat digabungkan dengan GPU yang mengkonsumsi lebih dari 600W karena membutuhkan kelebihan ~10%.

Mengesankan dengan lebar 19mm, ini lebih besar dari konektor 8-pin tunggal. Namun, mereka membutuhkan kabel yang lebih kuat, dan terbuat dari bahan berkualitas tinggi.

Saat ini, tidak ada GPU yang membutuhkan 600 watt penuh. GPU pertama yang seharusnya menggunakan konektor 12VHPWR adalah (belum dikonfirmasi) RTX 3090 Ti, yang dapat mengkonsumsi 450 watt.

Tetapi seluruh konektor dapat digunakan lebih cepat dari yang diharapkan. GPU pusat data generasi berikutnya dari AMD dan Nvidia diyakini menggunakan desain chip yang haus daya yang dua kali lebih besar dari penawaran mereka saat ini, yang sudah mengkonsumsi 250-300 watt.

READ  Kapsul Cargo Dragon SpaceX telah kembali ke Bumi dari misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional

Kredit kepala: Lensa Vagelis