Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kontroversi atas Turow. PGE menuduh Gwen ‘menjaga tim Ceko’

Sentimen seputar masa depan tambang lignit dan, sebagai akibatnya, pembangkit listrik Turów, sangat panas. Kelompok yang dikendalikan negara, PGE, secara terbuka mengkritik Wakil Perdana Menteri Jaroslav Guen dan menuduhnya “berpihak pada Republik Ceko” dalam konflik dengan Polandia.

Menteri Pembangunan, Tenaga Kerja dan Teknologi, dan pada saat yang sama Wakil Perdana Menteri, adalah salah satu dari sedikit politisi di tim penguasa yang secara terbuka mengakui bahwa Polandia membuat kesalahan dalam perselisihan dengan Republik Ceko mengenai perpanjangan pekerjaan tambang di Turow.

Dalam posting 19 Juni Dalam sebuah wawancara dengan Onet Jarosław Gowin Dia berkata:

Saat kita berbicara, di Praha, Menteri Kortica sedang merundingkan solusi untuk masalah memalukan ini (percakapan berlangsung 17 Juni – red.) yang memalukan karena beberapa alasan. Pertama, kami menganalisis kondisi dan Kami tidak mengecualikan terjadinya kesalahan serius, terutama dari pihak manajemen PGE sebelumnya. Kedua, keputusan CJEU itu sendiri memalukan, karena itu berarti menutup tambang yang menyediakan pekerjaan bagi ribuan orang dan mengganggu mata rantai utama dalam sistem energi Polandia. Ini adalah keputusan yang tidak tepat. Prasangka mendikte, belum lagi mencari alasan untuk memukul Polandia. Ketiga, saya selalu berusaha untuk bertanggung jawab atas kegagalan, dan ketika saya menjadi oposisi, saya tidak senang dengan kegagalan pemerintah Polandia, terlepas dari warna politik. Kritik boleh dibenarkan, tetapi rasa puas diri harus dihindari, dan ini sayangnya terjadi dalam kasus Toro kepada beberapa politisi oposisi.

Reaksi PGE

Kata-kata ini jelas tidak disukai oleh Polska Grupa Energetyczna, yang menanggapi di Twitter pada hari berikutnya – pada hari Minggu, 20 Juni, dia menuduh Gowin “berpegang teguh pada pihak Ceko”.

READ  Tesla-Chef wird 50: Selamat ulang tahun, Elon Musk!

“Tuan Wakil Perdana Menteri, kita harus berbicara dengan satu suara tentang Turow. Kami tidak setuju dengan transformasi kekuatan tanah di Polandia. Anehnya, wakil perdana menteri di pemerintahan memihak Republik Ceko dan menyangkal posisi Polandia di Turów.Entri dibaca di akun resmi PGE.

Perjuangan untuk Turow

Kasus Turow dimulai dengan perpanjangan izin penambangan batu bara keras di Turow dan persetujuan perluasan tambang terbuka meskipun ada keberatan dari Ceko. Pemerintah di Praha memutuskan pada bulan Februari untuk merujuk masalah ini ke CJEU, yang menyatakan bahwa perluasan tambang mengancam, antara lain, akses ke air di kota-kota perbatasan Ceko.

Pengadilan Uni Eropa setuju dengan argumen Praha dan pada bulan Mei memerintahkan penangguhan segera penambangan di tambang sambil menunggu keputusan. Pemerintah Polandia tidak setuju dengan keputusan tersebut dan tidak menangguhkan produksi, yang menyebabkan Republik Ceko mengajukan permintaan lain kepada CJEU untuk mengenakan denda sebesar €5 juta pada Polandia untuk setiap hari ekstraksi setelah keputusan CJEU.

Lihat juga: Kami tidak akan mencabut pengaduan terhadap Polandia terkait Turów