Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Korea Selatan menderita keracunan makanan karena kimchi: cara yang sangat mudah untuk menikmati kelezatan musim ini tanpa jatuh sakit

Korea Selatan menderita keracunan makanan karena kimchi: cara yang sangat mudah untuk menikmati kelezatan musim ini tanpa jatuh sakit

Sekitar 1.000 kasus keracunan makanan telah dilaporkan di Kota Namwon, Korea Selatan. Kebetulan, menurut laporan BBC, peningkatan kasus keracunan makanan yang tiba-tiba ini disebabkan oleh konsumsi kimchi, makanan tradisional Korea, yang dimakan pada sebagian besar waktu makan. Penyakit yang dimaksud telah diidentifikasi sebagai norovirus yang sangat menular, sesuatu yang mudah menular melalui permukaan yang terkontaminasi. Dan jika Anda bertanya-tanya seberapa serius situasinya, norovirus juga disebut sebagai “penyakit muntah musim dingin” – yang kedengarannya jauh dari kata menyenangkan. Walaupun produksi dan distribusi barang dari produsen kimchi di kota tersebut telah dihentikan sementara, situasi saat ini menarik perhatian pada daya tarik universal yang telah dikembangkan oleh kimchi di seluruh dunia, mengingat lonjakan budaya Korea Selatan dalam kesadaran arus utama. Jika Anda khawatir kimchi Anda berpotensi membuat Anda sakit, mengingat musim hujan, berikut cara mengatasi penyakit bawaan makanan dengan penuh semangat.

Kimchi Korea yang lezat (Freepik)
Kimchi (Buka percikan)

Tukar kubis

Jelajahi Crickit, platform favorit Anda untuk mengikuti permainan kapan saja, di mana saja. klik disini!

Bahan dasar dari jenis kimchi yang paling populer adalah kubis. Yang paling terkenal adalah kimchi baichu, yang bahan dasarnya adalah kubis Cina. Jenis lainnya adalah kimchi posam yang menggunakan daun selada, dan gat kimchi yang menggunakan daun dan batang sawi Korea. Meskipun versi makanan Korea ini sangat lezat, mereka menggunakan sayuran silangan yang tentunya menambah rasa kompleks pada keseluruhan hidangan, namun juga menjadi tempat berkembang biaknya penyakit bawaan makanan, terutama selama musim hujan. Cara yang sangat sederhana untuk menghindari tertular penyakit ini adalah dengan mengganti kubis dengan lobak atau mentimun. Lobak dan mentimun juga merupakan bahan dasar yang renyah dan kuat untuk bumbu fermentasi, dan sebenarnya merupakan pilihan populer di kalangan penggemar kimchi tradisional.

READ  Sebuah klip video menunjukkan seekor burung terbang di pesawat militer AS, menyebabkannya jatuh
Lobak dan mentimun adalah pengganti kubis atau selada yang baik dalam kimchi (Freepik)

Kimchi lobak

Kemungkinannya tidak terbatas jika menyangkut kimchi yang dibuat dengan lobak. Anda dapat memilih antara kimchi baek atau kimchi putih (yang jenisnya melebihi kochugaru), kakdogi atau kimchi yang dibuat dengan lobak potong dadu, cheongjak atau kimchi yang dibuat dengan lobak ekor kuda, nabak atau kimchi yang dibuat dengan air merah, dongchimi atau Kimchi yang dibuat dengan air lobak. Resep yang paling mudah, menurut The Spruce Eats, adalah dongchimi.

Kimchi lobak Korea (putih) (The Spruce Eats)

Resepnya hanya dengan memotong lobak dan membiarkannya dalam sedikit garam dan gula selama sehari pada suhu kamar. Langkah ini harus diikuti dengan menambahkan larutan hangat garam dan gula ke dalam lobak serta beberapa bawang putih cincang dan daun bawang. Setelah sekitar dua hari fermentasi, dong chimi siap dikonsumsi. Cukup simpan di lemari es dalam wadah kedap udara hingga beberapa bulan ke depan.

Kimchi mentimun

Jika kimchi putih tidak memberikan rasa pedas seperti makanan pokok Korea, cobalah kimchi mentimun atau oi sobaji. Resep My Korean Kitchen versi ini menawarkan beberapa pengganti untuk memastikan Anda dapat masuk ke dapur saat ini juga dan menyiapkan beberapa makanan lezat ini.

Kimchi Mentimun (Mangchi)

Yang Anda butuhkan untuk bahan dasar kimchi hanyalah mentimun segar dan renyah, wortel yang diiris tipis, dan daun bawang cincang. Untuk saus kimchi, Anda membutuhkan ketumbar pedas, bawang putih cincang, jahe, parutan apel, madu, dan kecap ikan. Biarkan mentimun cincang di dalam garam sebentar sebelum mencampurkan semua bahan saus kimchi dan memijatkannya ke dalam mentimun, wortel, dan daun bawang. Simpan dalam wadah kedap udara dan makan dalam waktu 7 hari.

READ  Vladimir Putin menyebut kejahatan Bucha 'palsu', mengatakan pembicaraan dengan Ukraina menemui jalan buntu | Berita Dunia

Apakah Anda siap mengubah kimchi Anda musim ini?