SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

KPK Ajari Dewan Lapor Harta Kekayaan

  • Reporter:
  • Rabu, 5 September 2018 | 13:07
  • Dibaca : 221 kali
KPK Ajari Dewan Lapor Harta Kekayaan
ilustrasi

BATAM KOTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi DPRD Batam, Selasa (4/9). Dalam kunjungan tertutup tersebut, lembaga antirasuah ini melakukan sosialisasi tentang pembuatan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Dari 49 orang anggota Dewan, baru sekitar 12 persen yang melaporkan harta kekayaannya ke KPK. “Dari 49 orang anggota dewan yang melapor baru 12 persen saja. Sisanya belum pada lapor,” kata Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto.

Menurut dia, banyak anggota Dewan yang tidak paham dan mengerti mekanisme penyampaian laporan harta kekayaannya. Hal ini yang menjadi salah satu faktor datangnya petugas sosialisasi dari KPK.

Nuryanto mengakui setiap tahunnya selalu melakukan pelaporan dan sudah selesai untuk tahun ini. Menurut dia, pembuatan laporan ini tidak sulit dan cukup mudah.
Ia juga mengimbau kepada seluruh pejabat di Kota Batam agar selalu melaporkan harta kekayaan setiap tahun. Pasalnya pelaporan itu merupakan bagian yang paling penting. “Saya sudah selesai tahun ini. Tidak begitu susah juga caranya,” katanya.

Sosialisasi tentang pembuatan LHKPN ini mendapatkan apresiasi dari anggota Dewan. Mereka berharap, KPK dapat memberikan penjelasan dan sosialisasi tentang tata cara penyampaian harta kekayaan setiap tahunnya, agar tidak terjadi pelanggaran hukum nantinya.

“Saya cuma jadi caleg (calon legislatif) kemarin saja lapornya. Selebihnya tak pernah. Ini juga sebagai budaya jujur yang harus diikuti dan dipatuhi,” kata anggota DPRD yang enggan disebutkan identitasnya ini. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com