SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

KPU Kepri Hadapi Sembilan Gugatan Pemilu

  • Reporter:
  • Jumat, 31 Mei 2019 | 10:42
  • Dibaca : 232 kali
KPU Kepri Hadapi Sembilan Gugatan Pemilu
ilustrasi

SEKUPANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019 untuk pemilihan umum legislatif. Empat perkara yang digugat berasal dari daerah pemilihan (Dapil) Kota Batam.

Adapun kesembilan sengketa pemilu terdiri dari PDIP untuk DPRD Kabupaten Bintan, Partai Garuda untuk DPRD Kota Tanjungpinang Dapil Tanjungpinang 2, Partai Berkarya untuk DPR RI Dapil Kepri, Partai Perindo untuk DPRD Kepri Dapil Kepri IV, Bommen Hutagalung dari PDIP untuk DPRD Kota Batam Dapil Kota Batam 1 (internal partai), Partai Gerindra untuk DPRD Kepri dapil Kepri IV (internal partai), PPP untuk DPRD Kota Batam dapil Kota Batam 6, Partai Golkar untuk DPRD Kota Batam untuk Dapil Batam Kota 1 dan Partai Berkarya belum tahu objek sengketa dan lokusnya karena permohonan gugatan tidak bisa di-download.

Komisioner KPU Kepri Bidang Hukum Agung Widiyono mengatakan, dari sembilan sengketa, dua di antaranya terkait persoalan internal partai, yaitu PDIP untuk DPRD Kota Batam dapil 1 dan Partai gerindra untuk DPRD Provinsi Kepri dapil Kepri IV.

“Tetapi kesembilan sengketa ini belum diregister oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Sebelum diregister jika dinyatakan oleh MK RI tidak memenuhi syarat maka bisa dikembalikan,” ujarnya, Kamis (30/5).

Sedangkan penentuan nomor regristrasi oleh MK RI akan ditetapkan pada 1 Juli mendatang. Sementara itu, KPU Kepri sudah mulai menyiapkan data untuk sengketa pemilihan presiden.

“PHPU Pilpres sifatnya nasional, yang perlu disiapkan oleh KPU Provinsi Kepri adalah anomali data untuk pemilih kelahiran 1 Juli, 31 Desember, pemilih usia di atas 90 tahun dan pemilih usia di bawah 17 tahun,” kata Widiyono.

Terkait gugatan pemilu secara nasional di MK, sambungnya, secara specifik Kepri tidak disebutkan dalam permohonan yang disampaikan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 ke MK.

Namun pada Pemilu 2019 ini, pihaknya mengklaim tingkat pastisipasi masyarakat dalam mengikuti pesta rakyat ini meningkat dibandingkan tahun 2014 lalu.

“Tingkat pastisipasi Pilpres di Kepri mencapai 83,85 persen dengan perbandingan tingkat ketidakhadiran 16,15 persen,” katanya

Sementara untuk pemilihan DPR RI tingkat partisipasi mencapai 82,96 persen, dengan perbandingan tingkat ketidakhadiran 17,04 persen. DPD tingkat partisipasi mencapai 82,90 persen dengan tingkat ketidakhadiran 17,10 persen.

“Sedangkan untuk DPRD Provinsi tingkat partisipasi mencapai 82,78 persen dengan tingkat ketidakhadiran 17,22 persen,” ujarnya.

Terpisah, Komisioner KPU Batam, Muliadi mengatakan, pihaknya menghadapi empat gugatan untuk pemilihan umum legislatif. “Ada empat partai, yaitu PPP untuk TPS 01 Tanjungriau, PDIP untuk Batam Kota, Partai Gerindra dan Partai Perindo,” ujarnya.

Ia menyatakan KPU Batam belum menerima pokok permohonan gugatan yang diajukan setiap partai penggugat, sehingga belum dapat menyiapkan jawaban secara rinci. “Banyak gugatan yang masuk, KPU RI memilah. Setelah tahu seperti apa baru kami siapkan jawaban,” katanya.

Meski begitu, KPU Batam mulai menyiapkan langkah-langkah untuk persidangan, dimulai dari menyusun kronologi setiap tahapan, pemilu, termasuk pleno di tingkat kecamatan dan kota.

KPU Batam juga mengumpulkan apa saja yang menjadi keberatan saksi dalam setiap rapat pleno, yang bisa dijadikan bukti saat sidang. KPU Batam mulai memilah kotak-kotak suara yang menjadi pokok gugatan, agar tidak kerepotan bila MK meminta untuk membuka kembali kotak suara.

“Agar saat MK meminta dibuka, kami tidak repot lagi karena kotak itu banyak di gudang. Itu termasuk barang bukti, c1 plano, daftar hadir, dan lainnya,” kata Mulyadi.

Menurut dia, jawaban pemilu harus sudah selesai pada pertengahan Juni agar bisa digunakan saat sidang, yang diperkirakan awal Juli 2019. “Jawaban disampaikan provinsi, baru nanti ke KPU RI,” ujarnya. agung dedi Lazuardi/ant

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com