Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

‘Kraken’, varian baru Covid dan penyebabnya

‘Kraken’, varian baru Covid dan penyebabnya

XBB.1.5 (Kraken) adalah turunan dari varian Omicron XBB. (file)

Varian Covid baru yang pertama kali terdeteksi tahun lalu dengan cepat menjadi jenis yang dominan di Amerika Serikat – mendapatkan julukan menyeramkan di sepanjang jalan. Dijuluki “varian Kraken” oleh beberapa orang, itu telah menyebar ke seluruh negeri dan sekarang diidentifikasi di setidaknya 28 negara lain, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Apakah lebih berbahaya? Apakah itu menyebar lebih mudah? Dan bagaimana pengaruhnya terhadap wabah Covid di China?

Inilah semua pertanyaan Anda, dijawab:

Apa alternatif barunya?

XBB.1.5 adalah turunan dari varian omicron XBB – yang merupakan persilangan antara dua galur sebelumnya: BA.2.75 dan BA.2.10.1. Varian XBB asli telah menyebabkan gelombang infeksi di negara-negara seperti Singapura dan India sejak Organisasi Kesehatan Dunia pertama kali menyuarakan keprihatinan tentang hal itu Oktober lalu.

Seberapa cepat XBB.1.5 menyebar?

Meskipun hanya menyumbang 1% dari semua kasus Covid pada awal Desember, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS memperkirakan itu telah meningkat menjadi jenis yang dominan pada akhir bulan, bertanggung jawab atas sekitar 41% dari semua infeksi. . Di negara bagian Timur Laut, jumlah itu melonjak lebih dari 70%.

Sementara hanya 29 negara yang telah melaporkan kasus Covid-19, pihak berwenang memperingatkan hal itu bisa lebih menular dan menyebar secara diam-diam berkat penurunan dalam pengujian, kata Maria Van Kerkhove, kepala teknis WHO untuk Covid-19, dalam konferensi pers 4 Januari .

Di negara lain, kejadian infeksi XBB.1.5 tetap lebih rendah, meskipun gambarannya dapat berubah dengan cepat. Perkiraan dari Wellcome Sanger Institute menemukan bahwa varian tersebut merupakan sekitar 4% dari infeksi Covid di Inggris pada pertengahan Desember, sementara Kanada hanya menemukan beberapa kasus seperti itu.

READ  Pasukan Israel mengebom terowongan Hamas di jantung Jalur Gaza

Para ilmuwan mencatat bahwa sub-varian memiliki afinitas yang lebih kuat untuk ACE2, reseptor utama virus, yang memungkinkannya untuk mengikat lebih mudah dan meningkatkan penularannya.

Apakah lebih berbahaya dari varian sebelumnya?

Tidak ada perbedaan signifikan dalam tingkat keparahan yang dilaporkan antara kasus yang disebabkan oleh XBB.1.5 dan varian sebelumnya. Namun, seperti strain lain yang menjadi perhatian para ilmuwan, XBB.1.5 menarik perhatian karena menunjukkan tanda-tanda kebal. Artinya, ia berpotensi menghindari kekebalan alami atau perlindungan sebelumnya yang diberikan oleh vaksin, dan menginfeksi kembali orang yang telah pulih dari serangan Covid sebelumnya.

Data masih terbatas pada tingkat keparahan XBB.1.5 dan kecenderungannya untuk menyebabkan penyakit parah atau kematian. Terapi sebelumnya untuk mengobati COVID – seperti terapi antibodi monoklonal – dianggap tidak efektif oleh strain sebelumnya. Tren ini akan berlanjut dengan varian baru. Dalam artikel yang baru-baru ini diulas yang diterbitkan di jurnal Cell, para ilmuwan memperingatkan bahwa subvarian seperti XBB menimbulkan “ancaman serius” terhadap vaksin Covid yang ada. Penularan yang tinggi juga berarti lebih banyak orang yang mungkin terinfeksi, dan dengan demikian menderita akibat yang parah.

Tidak jelas apakah pengalaman AS dengan XBB.1.5 akan meluas ke negara lain. Amerika, tidak seperti banyak negara maju lainnya, mengalami tingkat vaksinasi yang rendah. Hanya 15% populasi berusia 5 tahun ke atas yang menerima dosis penguat bivalen terkini. Angka tersebut sedikit lebih baik di antara populasi lansia yang rentan, termasuk mereka yang berusia 65 tahun ke atas, dengan kurang dari empat dari 10 orang yang menerima vaksin. Tingkat rawat inap untuk Covid sudah meningkat, di tengah peningkatan infeksi musim dingin lainnya seperti flu.

READ  Seorang siswa Bengaluru yang bepergian ke Kanada melalui AS ditolak naik pesawat oleh Qatar Airways

WHO berencana untuk merilis penilaian risiko terbaru dari varian tersebut dalam beberapa hari mendatang.

Apakah itu mencapai China dan apa dampaknya?

China, yang telah mengalami gelombang infeksi besar setelah membongkar kebijakan ketat Covid Zero dalam beberapa pekan terakhir, belum melaporkan satu pun kasus domestik XBB.1.5. Shanghai mendeteksi tiga infeksi yang disebabkan oleh varian tersebut dan mengatakan semuanya adalah kasus impor. Tetapi badan-badan kesehatan di seluruh dunia, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia, telah menyuarakan keprihatinan bahwa China tidak memberikan informasi yang cukup tentang pengurutan genetik untuk membuat kesimpulan yang pasti.

Sementara itu, gelombang Covid di Tanah Air didorong oleh dua strain Omicron lagi: BA.5.2 dan BF.7. Bersama-sama mereka membentuk 97,5% dari semua infeksi rumah tangga, menurut data pengurutan genetik dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China.

Sementara pihak berwenang telah mencoba menghilangkan ketakutan bahwa varian XBB akan menyebabkan gelombang infeksi baru, masyarakat – yang sudah ketakutan dengan sistem perawatan kesehatan yang tegang dan ketersediaan perawatan yang terbatas – tidak yakin. Posting viral yang beredar luas mengklaim bahwa varian XBB dapat menyebabkan muntah dan diare telah menyebabkan obat anti diare dijual di seluruh China karena pembeli yang panik mengambilnya.

Dari mana nama “Kraken” berasal?

Varian Covid saat ini sedang dinamai oleh panel ahli yang diadakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Ini mengidentifikasi apa yang disebut variabel perhatian yang memiliki potensi signifikansi kesehatan masyarakat global, seperti membatasi keefektifan tindakan epidemiologis saat ini, menggunakan abjad Yunani. Strain sebelumnya seperti Alpha, Beta, dan Delta termasuk dalam konvensi.

Tetapi varian terakhir dengan nama Yunani, omicron, muncul lebih dari setahun yang lalu dan tidak menyisakan ruang untuk munculnya galur lain yang berbeda secara signifikan. Omicron telah menelurkan banyak jenis, termasuk XBB 1.5, yang namanya berasal dari kombinasi huruf dan angka yang dikenal sebagai “Pango”.

READ  Anda memiliki kekhawatiran tentang kebijakan imigrasi terbuka dengan India: Menteri Dalam Negeri Inggris | berita terbaru india

Hal ini menyebabkan peningkatan popularitas nama panggilan tidak resmi di Internet, termasuk “Kraken”. Moniker XBB.1.5 disarankan oleh seorang profesor evolusioner di Twitter untuk mencocokkan kekuatan strain baru dengan monster laut mitos.

(Kecuali untuk tajuk utama, cerita ini tidak diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari umpan sindikasi.)

Video unggulan hari ini

Disha Patani terbang dari Mumbai