Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Krisis Ukraina Berita Langsung, Rusia- Ukraina Hari Ini Berita, Rusia Berita Perang Ukraina, Berita Perang Dunia 3, Rusia Berita Ukraina

Krisis Ukraina Berita Langsung, Rusia- Ukraina Hari Ini Berita, Rusia Berita Perang Ukraina, Berita Perang Dunia 3, Rusia Berita Ukraina

Pasukan Rusia memperluas serangan mereka di Ukraina pada hari Jumat ketika mereka melakukan serangan di daerah baru di barat negara itu, sementara Presiden Rusia Vladimir Putin menyetujui perekrutan “sukarelawan” dari Suriah dan tempat lain untuk bergabung dalam pertempuran.

Orang-orang membawa barang-barang mereka setelah melarikan diri dari perang dari negara tetangga Ukraina, di perbatasan di Palanca, Moldova, 11 Maret 2022. (AP)

Barat meningkatkan tekanan ekonomi pada Rusia, ketika AS dan sekutunya menurunkan status perdagangan Rusia – yang terbaru dalam upaya untuk lebih mengisolasi Rusia untuk invasi. Perang telah memaksa lebih dari 2,5 juta orang meninggalkan Ukraina, sementara yang lain mencari perlindungan di ruang bawah tanah, stasiun kereta bawah tanah, dan tempat perlindungan bawah tanah. Lebih banyak evakuasi diharapkan, meskipun upaya berulang untuk memungkinkan orang melarikan diri dari kota pelabuhan Mariupol yang terkepung di selatan telah gagal di bawah serangan Rusia yang terus berlanjut.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan melalui video dari Kyiv: “Tidak mungkin untuk mengatakan berapa hari kita masih perlu membebaskan tanah kita, tetapi mungkin untuk mengatakan bahwa kita akan melakukannya.”

Di kota selatan Mariupol yang terkepung, dewan kota mengatakan sedikitnya 1.582 warga sipil tewas akibat penembakan Rusia dan blokade 12 hari yang membuat ratusan orang terperangkap tanpa makanan, air, pemanas, atau listrik.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pelabuhan Laut Hitam sekarang benar-benar dikepung dan pejabat Ukraina menuduh Rusia sengaja mencegah warga sipil keluar dan konvoi kemanusiaan masuk. Upaya baru untuk mengevakuasi warga sipil di sepanjang koridor kemanusiaan dari Mariupol tampaknya telah gagal, dengan Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk mengatakan penembakan Rusia mencegah mereka pergi. “Situasinya kritis,” kata penasihat kementerian dalam negeri Ukraina Vadym Denysenko.

READ  Laporan: Kapal perang China lewat 'tidak aman' di dekat kapal perusak AS di Selat Taiwan | berita Dunia