Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Krisis Ukraina Berita Langsung, Rusia- Ukraina Hari Ini Berita, Rusia Berita Perang Ukraina, Berita Perang Dunia 3, Rusia Berita Ukraina

Evakuasi dari kota-kota terkepung Ukraina berlangsung pada Sabtu di sepanjang delapan dari 10 koridor kemanusiaan, kata Wakil Perdana Menteri Iryna Vereshchuk, dengan total 6.623 orang dievakuasi, termasuk 4.128 dari Mariupol yang dibawa ke barat laut ke Zaporizhzhia. Pasukan Rusia mengintensifkan serangan mereka di kota pelabuhan Mariupol yang babak belur, dengan pertempuran sengit pada hari Sabtu yang menyebabkan penutupan pabrik baja utama, AP melaporkan. Pemerintah setempat meminta lebih banyak bantuan Barat. Sementara itu, dewan kota Mariupol Ukraina mengatakan pasukan Rusia secara paksa mendeportasi beberapa ribu orang dari kota yang terkepung pekan lalu, setelah Rusia berbicara tentang “pengungsi” yang tiba dari pelabuhan strategis.

Presiden Rusia Vladimir Putin memuji pasukan negaranya pada unjuk rasa besar yang mengibarkan bendera di Moskow saat pasukan Rusia kembali menyerang kota-kota Ukraina dari kejauhan, menggempur ibu kota Kyiv dan bagian barat negara itu. Perang sekarang memasuki minggu keempat. Pasukan Rusia telah gagal merebut Kyiv—tujuan utama mereka dengan harapan memaksa penyelesaian atau mendikte keberpihakan politik Ukraina di masa depan—tetapi telah mendatangkan malapetaka dan kehancuran.

Petugas pemadam kebakaran Ukraina memadamkan api di sebuah gudang setelah pemboman di Kyiv, Ukraina, 17 Maret 2022. (AP Photo/Vadim Ghirda)

Badan migrasi PBB mengatakan pertempuran itu telah membuat hampir 6,5 juta orang mengungsi di Ukraina, di atas 3,2 juta pengungsi yang telah meninggalkan negara itu. Ukraina mengatakan ribuan orang telah tewas.

Kepala delegasi Rusia dalam pembicaraan dengan para pejabat Ukraina mengatakan para pihak telah mendekati kesepakatan tentang status netral untuk Ukraina – salah satu tuntutan utama Rusia karena ofensifnya berlanjut. Vladimir Medinsky mengatakan pada hari Jumat bahwa kedua pihak juga telah mempersempit perbedaan mereka mengenai masalah Ukraina yang membatalkan tawarannya untuk bergabung dengan NATO.

READ  India meningkatkan tekanan pada Pakistan di SCO dengan rencana Lashkar-e-Taiba, Jaish-e-Mohammed | berita india

Tetapi Mikhailo Podolyak, penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, mencuit: “Posisi kami tidak berubah. Gencatan senjata, penarikan pasukan & jaminan keamanan yang kuat dengan formula konkret.”

Amerika Serikat dan sekutunya telah memberlakukan sejumlah sanksi yang bertujuan melumpuhkan ekonomi Rusia. Ratusan perusahaan internasional telah mengumumkan bahwa mereka membatasi operasi di Rusia, dan mereka yang tetap berada di bawah tekanan untuk mundur.

Paus Fransiskus pada hari Jumat mengecam apa yang disebutnya “penyalahgunaan kekuasaan yang sesat” dalam perang Rusia di Ukraina dan menyerukan bantuan bagi warga Ukraina yang identitas, sejarah dan tradisinya sedang diserang. untuk eksis sebagai negara berdaulat.

Badan-badan bantuan meningkatkan upaya mereka untuk mengirimkan pasokan bantuan kepada warga sipil yang terkena dampak pertempuran dan pengungsi yang melarikan diri dari Ukraina. Kota Rzeszow di Polandia, sekitar 100 km dari perbatasan Ukraina, telah menjadi pusat kemanusiaan untuk wilayah tersebut.