Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Krisis Ukraina Berita Langsung, Rusia- Ukraina Hari Ini Berita, Rusia Berita Perang Ukraina, Berita Perang Dunia 3, Rusia Berita Ukraina

Rusia memblokir Facebook dan beberapa situs web lain pada hari Jumat dan mengesahkan undang-undang yang memberi Moskow kekuatan lebih kuat untuk menindak jurnalisme independen, mendorong BBC, Bloomberg, dan media asing lainnya untuk menangguhkan pelaporan di negara itu. Serangan Moskow di Ukraina, yang terbesar di negara Eropa sejak Perang Dunia Kedua, telah menciptakan lebih dari 1 juta pengungsi, rentetan sanksi dan ketakutan akan pukulan ekonomi global dan konflik yang lebih luas di Barat yang tidak terpikirkan selama beberapa dekade.

Perang Rusia di Ukraina adalah pada hari kesepuluh. Pejabat PBB dan Ukraina mengatakan tidak ada radiasi yang dilepaskan dari a Serangan Rusia di pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa. Satu bangunan terbakar dan petugas pemadam kebakaran telah memadamkan api. Pasukan Rusia terus menekan kampanye yang telah membawa kecaman global.

Orang-orang di seluruh Ukraina telah mengangkat senjata dan mencari perlindungan. Lebih dari 1,2 juta orang telah melarikan diri ke negara-negara tetangga, kata badan pengungsi PBB, Jumat. NATO menolak untuk mengawasi zona larangan terbang di atas Ukraina. Organisasi militer yang beranggotakan 30 negara itu yakin langkah seperti itu dapat memicu perang yang meluas di Eropa dengan Rusia.

Korban sejauh ini

Rusia telah mengakui bahwa hampir 500 tentara Rusia tewas dan sekitar 1.600 terluka. Ukraina belum merilis angka korban untuk angkatan bersenjatanya. Kantor hak asasi manusia PBB mengatakan sedikitnya 331 warga sipil telah tewas dan 675 terluka di Ukraina sejak awal invasi. Layanan Darurat Negara Ukraina mengatakan lebih dari 2.000 warga sipil telah tewas, meskipun tidak mungkin untuk memverifikasi klaim tersebut.

Seorang wanita bereaksi ketika paramedis melakukan CPR pada seorang gadis yang terluka selama penembakan, di rumah sakit kota Mariupol, Ukraina timur, 27 Februari 2022. Gadis itu tidak selamat. (AP)

READ  PM Sri Lanka Mundur, Rumah Keluarga Rajapaksa Dibakar di Tengah Bentrokan: 10 fakta

Sanksi pada Rusia

gelombang dari sanksi global terhadap Rusia dapat memiliki konsekuensi yang menghancurkan bagi importir energi dan biji-bijian. Rusia adalah pengekspor biji-bijian dan pemasok utama minyak mentah, logam, kayu, dan plastik. Lebih banyak perusahaan yang menangguhkan operasi di Rusia, termasuk Apple, Mercedes-Benz, BP, Volkswagen, pengecer pakaian H&M dan toko perabot IKEA. Teatro Real Spanyol, salah satu gedung opera besar Eropa, mengatakan akan membatalkan serangkaian pertunjukan Balet Bolshoi Rusia yang akan datang.

Tindakan keras media Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Jumat menandatangani RUU menjadi undang-undang yang mengancam hingga 15 tahun penjara untuk apa yang dianggap Rusia sebagai laporan “palsu” tentang perang. Selain itu, pengawas komunikasi negara memblokir Facebook, Twitter, dan lima organisasi media asing yang berbasis di luar negeri yang menerbitkan berita dalam bahasa Rusia.

Organisasi-organisasi itu — BBC, Voice of America yang didanai pemerintah AS dan Radio Free Europe/Radio Liberty, penyiar Jerman Deutsche Welle, dan situs web Meduza yang berbasis di Latvia — termasuk di antara penerbitan media asing yang paling kritis dan sering di Rusia.