Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kru Soyuz MS-17 kembali ke Bumi setelah 185 hari di stasiun luar angkasa

17 April 2021

Dua astronot dan seorang astronot mendarat dengan selamat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional setelah menghabiskan 185 hari di atas laboratorium yang mengorbit.

Sergey Rijikov dan Sergey Kud-Svereshkov dari perusahaan antariksa Rusia Roscosmos dan Kit Robins dari NASA mendarat di stepa Kazakhstan pada Sabtu (17 April) di atas pesawat ruang angkasa Soyuz MS-17 Rusia. Ketiga anggota awak mendarat di tenggara kota terpencil Jizkazgan di Kazakhstan pada pukul 12:55 pagi EST (0455 GMT atau 10:55 waktu setempat Kazakhstan).

“Di belakang bahu kami enam bulan di stasiun luar angkasa,” kata Rijikov dalam upacara pergantian komando singkat pada hari Kamis, ketika dia menyerahkan komando awak Mission 64. “Itu adalah waktu yang hebat dan itu tak terlupakan. Ada banyak peristiwa tak terlupakan selama periode hype kami.”

Setelah mendarat, pasukan penyelamat Rusia, serta personel NASA, siap membantu kru keluar dari kapsul Soyuz yang turun dan memberikan pemeriksaan medis awal. Robbins selanjutnya dibawa kembali oleh pesawat NASA ke Houston, sementara Rijikov dan Cod Sverhkov kembali ke pusat pelatihan di Star City, Rusia.

Keberangkatan Ryzhikov, Kud-Sverchkov dan Robins dari stasiun pada hari Jumat pukul 21:34 EST (0134 GMT Sabtu) menandai akhir resmi Misi 64. Pada saat pelepasannya, Misi 65 dimulai di stasiun di bawah komando dari astronot NASA Shannon Walker.

“Saya tahu saya berbicara atas nama semua orang ketika saya mengucapkan terima kasih banyak atas lima bulan yang indah yang kita habiskan bersama,” kata Walker kepada Rezikov ketika saya menerima perintah stasiun. “Itu benar-benar kerja tim dan persahabatan yang membuatnya begitu istimewa.”

“Ekspedisi 64 sangat sibuk. Kami telah melakukan semua jenis penelitian, dan saya tidak tahu berapa banyak EVA.” [extravehicular activities or spacewalks] Di antara dua sisi, beberapa kendaraan kargo, kami melakukan perbaikan di terminal, mengupgrade terminal, dan memelihara terminal, ”kata Walker.

READ  Hujan meteor Leonid 2021: Kapan Anda melihat bintang jatuh paling banyak

Walker, bersama dengan astronot NASA Michael Hopkins, Victor Glover dan Mark Vandy Hay, astronot Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang (JAXA) Soichi Noguchi, astronot Roscosmos Oleg Nowitzki dan Piotr Dubrov, akan menjalankan stasiun selama satu minggu sampai kru SpaceX’s Crew-2 tiba. Shane Kimbro NASA, Megan MacArthur, astronot JAXA Akihiko Hoshid, dan astronot Badan Antariksa Eropa Thomas Pesquet akan diluncurkan pada 22 April, dan naga Endeavour akan mendarat di stasiun keesokan harinya.

Walker kemudian akan menyerahkan komando kru Ekspedisi 65 ke Hoscheid sebelum dia, Hopkins, Glover, dan Noguchi mendarat di “Ketahanan” Naga pada tanggal 29 April.

Ryzhikov, Kud-Sverchkov dan Rubins tiba di stasiun dengan Soyuz MS-17 pada 14 Oktober. Mereka bekerja sebagai insinyur penerbangan di kru Ekspedisi 63 selama satu minggu sebelum dimulainya Ekspedisi 64.

Selama 185 hari di orbit, Ryzhikov, Kud-Sverchkov dan Rubins melakukan ratusan percobaan dalam disiplin ilmu biologi, bioteknologi, fisika dan ilmu bumi. Mereka juga mengawasi kedatangan dan keberangkatan beberapa kendaraan yang berkunjung, termasuk misi operasional Crew Dragon pertama SpaceX, yang membawa astronot Crew-1 untuk bergabung dengan kru Ekspedisi 64.

Ryzhikov dan Kud-Sverchkov melakukan perjalanan luar angkasa pertama mereka dengan membuat EVA pertama dari modul Poisk di Rusia. Keduanya bekerja di luar stasiun selama 6 jam dan 48 menit untuk bersiap melepas unit dok Pirs, membuka jalan bagi kedatangan Laboratorium Multiguna Nauka Rusia akhir tahun ini.

Robins dan Glover dan Noguchi melakukan dua perjalanan di luar angkasa untuk mempersiapkan stasiun luar angkasa untuk pemasangan susunan surya baru yang lebih mampu. Dua dari tujuh jam aktivitas EVA membuat total waktu operasi mereka di ruang hampa udara menjadi 26 jam dan 46 menit selama empat misi antariksa.

READ  Mesir tangkap tiga orang yang diduga mendistribusikan ribuan vaksin COVID-19

Ini adalah penerbangan luar angkasa kedua dari Regikov dan Robins dan penerbangan pertama dari kode Sverhkov. Robins kini telah mencatat 300 hari di luar angkasa. Ryzhikov menghabiskan 358 hari kumulatif di luar planet ini.

Ketiganya menempuh jarak total 78,4 juta mil (126 juta km) untuk menyelesaikan 2.960 putaran mengelilingi bumi.