Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kru stasiun luar angkasa menyambut pengganti Soyuz di tengah persiapan peluncuran Crew Dragon di Florida

Kru stasiun luar angkasa menyambut pengganti Soyuz di tengah persiapan peluncuran Crew Dragon di Florida

Kapal kru Soyuz tanpa awak Rusia melakukan pertemuan robotik tanpa cela dan berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional pada hari Sabtu, menggantikan sebuah kapal. Kapal penyeberangan yang rusakmemberi tiga anggota kru lab sekoci yang andal dan perjalanan pulang yang aman di akhir misi yang diperpanjang.

Sementara itu, SpaceX di Florida bersiap untuk meluncurkan kapsul Crew Dragon pada Senin pagi untuk mengangkut empat awak lainnya ke pos terdepan.

Pesawat ruang angkasa Soyuz MS-23/69S diluncurkan dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada hari Kamis, membawa perbekalan dan peralatan sebagai pengganti awak, dan mengorientasikan diri ke dok robot sempurna foto di modul menghadap ruang angkasa Poisk Rusia pada pukul 7:58 malam. EST.

Kapal feri Soyuz MS-23/69S, yang membawa perbekalan dan peralatan alih-alih awak, perlahan-lahan mendekati Stasiun Luar Angkasa Internasional tempat ia berlabuh pada 25 Februari 2023, setelah pertemuan robot yang sempurna. Kapal tersebut menggantikan Soyuz lain yang rusak akibat serangan meteor mikro pada bulan Desember.

NASA


Kendaraan Soyuz baru akan menggantikan pesawat ruang angkasa MS-22 yang membawa Sergey Prokopyev, Dmitry Petlin, dan astronot NASA Frank Rubio ke orbit September lalu.

Mereka awalnya berencana untuk kembali ke Bumi bulan depan, tetapi pada 14 Desember kendaraan Soyuz MS-22 mereka cucilah Dengan pecahnya mikrometeor dari saluran yang membawa cairan pendingin ke radiator eksternal. Akibatnya, semua cairan pendingin yang tersedia dipancarkan ke luar angkasa.

Setelah melakukan analisis, para insinyur Rusia menentukan bahwa pesawat ruang angkasa tidak dapat dengan aman mengangkut ketiga awaknya kembali ke Bumi karena potensi komputer kritis dan peralatan sensitif lainnya menjadi terlalu panas setelah dilepaskan.

Sebaliknya, mereka memindahkan kendaraan peluncuran MS-23 untuk berfungsi sebagai sekoci kelas evakuasi darurat, kecuali untuk kru yang akhirnya kembali ke Bumi. Untuk mengembalikan jadwal rotasi kru normal, Prokopyev dan rekan-rekannya sekarang akan menghabiskan satu tahun penuh di luar angkasa, bukan enam bulan.

Tetapi dengan kedatangan feri Soyuz MS-23, mereka sekali lagi akan memiliki pesawat luar angkasa yang andal untuk membawa mereka pulang jika terjadi keadaan darurat medis atau masalah lain yang mungkin memerlukan evakuasi segera dari stasiun luar angkasa.

Crew-6 Falcon 9 di atas pad 39A di Kennedy Space Center Jumat pagi, beberapa saat setelah peluncuran uji mesin tahap pertama yang bebas masalah. Empat awak yang berangkat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dijadwalkan akan diluncurkan pada pukul 01:45 EST pada hari Senin.

NASA/Joel Koski


Empat awak stasiun ruang angkasa lainnya – Komandan Kru 5 Nicole Mann dan Josh Kasada, astronot Jepang Koichi Wakata, dan astronot Anna Kikina – diluncurkan ke kompleks laboratorium Oktober lalu dengan pesawat ruang angkasa SpaceX Crew Dragon. Mereka berencana untuk kembali ke Bumi sekitar 6 Maret.

Pengganti mereka – Komandan Kru 6 Stephen Bowen, Woody Hoburgh, Kosmonot Andrei Vidyaev dan astronot Emirati Sultan Al Neyadi – dijadwalkan untuk diluncurkan dari Pad 39A di Kennedy Space Center Senin pukul 1:45 pagi.

Bowen dan rekan-rekannya bergabung dengan Crew of the Dragon pada Kamis malam dan ikut serta dalam latihan hitung mundur. Beberapa jam kemudian, setelah kru meninggalkan landasan, para insinyur SpaceX menguji mesin tahap pertama Falcon 9 untuk memastikan mereka siap terbang.

Para kru berencana untuk bekerja secara nyata setelah pukul 23:00 pada hari Minggu. Dengan asumsi lepas landas Senin pagi, kapal feri Crew-6 akan tiba di stasiun luar angkasa pada pukul 02:38 Selasa, berlabuh di pelabuhan modul maju Harmony yang menghadap ke luar angkasa.

READ  Asal usul misterius dari cahaya utara telah terbukti