SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kursi Ketua DPRD Batam Ada Tiga Calon, PDIP Sodorkan Putra Respaty

  • Reporter:
  • Rabu, 28 Agustus 2019 | 10:41
  • Dibaca : 217 kali
Kursi Ketua DPRD Batam Ada Tiga Calon, PDIP Sodorkan Putra Respaty
Kantor DPRD Kota Batam F DOK SINDO BATAM

BATAM – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Batam mengusulkan tiga nama ke DPP PDIP Perjuangan untuk menduduki kursi Ketua DPRD Batam periode 2019-2024.

Tiga nama yang diusulkan adalah Nuryanto, Tumbur M Sihaloho dan Putra Yustisi Respaty. Nama terakhir adalah putra dari Ketua DPD PDI Perjuangan Kepri, Soerya Respationo. Dia terpilih menjadi anggota DPRD Batam lima tahun ke depan. Tiga nama itu menjalani fit and proper tes di DPP untuk menentukan Ketua DPRD Kota Batam periode 2019-2020.

“Sekarang baru Nuryanto yang tes di Jakarta,” kata Sekretaris DPC PDIP Batam Ernawati, Selasa (27/8).

PDI Perjuangan memperoleh delapan kursi di DPRD Batam. Jumlah itu sama dengan perolehan dalam Pemilu 2014. Jumlah kursi PDIP tetap menjadi yang terbanyak dan berhak mendapatkan kursi Ketua DPRD Batam. PDIP mendulang 76.541 suara untuk pemilihan DPRD Batam. Perolehan suara itu menurun dibanding Pemilu 2014 yang mencapai 78.280 suara.

Perolehan kursi terbanyak di DPRD Batam setelah PDIP yakni Nasdem (7 kursi), Golkar (7 kursi) dan Gerindra (6 kursi).

Nuryanto, petahana sekaligus Ketua DPRD Batam periode 2014-2019, berpeluang besar mendapat kembali kursi ketua. Pria yang akrab disapa Cak Nur itu mendulang suara terbanyak di antara caleg PDIP untuk pemilihan DPRD Batam dengan perolehan 5.586 suara di dapil Batam 2 Bengkong- Batuampar. Perolehan suara Nuryanto naik dari Pemilu 2014 yang sebesar 5.403 suara.

Ernawati menyampaikan harapannya soal pimpinan DPRD Batam nanti memiliki figur yang dapat mendorong pembangunan berjalan lebih cepat. “Merupakan figur yang membuat Batam lebih maju ke depan,” ujarnya.

Menurutnya, Nuryanto merupakan figur yang masih layak untuk ditentukan sebagai Ketua DPRD Batam. Selain karena Ketua DPC PDIP Batam, juga karena berpengalaman.

“Nuryanto sudah satu periode menjabat. DPC sudah mengeluarkan rekomendasi untuk Nuryanto. Itu artinya bahwa sudah berpengalaman,” ujarnya.

Sementara Nuryanto mengatakan, fit and proper tes dilakukan untuk calon pimpinan DPRD seluruh Indonesia. “Saya sedang menunggu giliran. Mental sudah kita siapkan,” kata Nuryanto.

Pria yang akrab disapa Cak Nur ini mengatakan, fit and proper tes terkait komitmen dalam memimpin DPRD ke depan. “Palingan mengenai komitmennya nanti seperti apa. Andai kata nanti jadi, komitmen untuk masyarakat seperti apa,” katanya.

Di sisi lain, PDI Perjuangan sudah menentukan figur partainya untuk menjadi pimpinan sementara DPRD. Pimpinan sementara akan bertugas sampai Ketua DPRD defenitif ditentukan. PDIP menjadi pimpinan sementara DPRD, karena menjadi partai pemenang Pemilu.

“Untuk pimpinan sementara DPRD, Putra Respaty,” katanya.

Kabag Humas DPRD Batam Taufik mengatakan, pihaknya akan menggelar gladi bersih pengambilan sumpah dan janji DPRD Kota Batam, Rabu (28/8). “Pada hari yang sama, akan berlangsung juga rapat paripurna terkait pengesahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” ujar Taufik. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com