Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kyiv Dihantam Penembakan Rusia, Ukraina Mengatakan Sedikitnya 2 Tewas;  Kami Memperingatkan Beijing

Kyiv Dihantam Penembakan Rusia, Ukraina Mengatakan Sedikitnya 2 Tewas; Kami Memperingatkan Beijing

Jika Anda baru bergabung dengan kami, inilah yang terjadi sejauh ini hari ini

Dua ledakan kuat mengguncang ibu kota Ukraina, Kyiv, sebelum fajar pada Selasa. Layanan darurat mengatakan dua orang tewas ketika sebuah gedung apartemen di Kyiv diserang.

Seorang Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan pada hari Selasa bahwa perang di Ukraina berada di persimpangan jalan yang dapat mengarah pada kesepakatan dalam pembicaraan dengan Rusia atau serangan baru Rusia.

Juru bicara kementerian pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengatakan pada hari Selasa bahwa pasukan Rusia telah mengambil kendali penuh atas semua wilayah di wilayah Kherson selatan Ukraina, kantor berita Rusia melaporkan.

Seorang penasihat di pemerintah Ukraina mengatakan perang harus berakhir pada Mei karena Rusia akan kehabisan sumber daya untuk mempertahankan invasi.

Para pemimpin Polandia, Republik Ceko dan Slovenia pada Selasa melakukan perjalanan ke Kyiv dalam misi Uni Eropa untuk menunjukkan dukungan bagi Ukraina saat invasi Rusia meningkat.

Kementerian Pertahanan Inggris (MoD) mengatakan Rusia dilaporkan telah mengangkat walikotanya sendiri di kota Melitopol menyusul dugaan penculikan pendahulunya pada hari Jumat.

Hampir semua serangan militer Rusia di Ukraina tetap terhenti setelah membuat sedikit kemajuan selama akhir pekan, menurut briefing Penatgon. Pasukan Rusia masih sekitar 15 km (9 mil) dari pusat Kyiv, kata seorang pejabat pertahanan AS, lapor Reuters.

Zelenskyy telah menggunakan pidato terakhirnya untuk mendesak pasukan Rusia agar memilih menyerah daripada “malu” untuk melanjutkan perang. Berbicara sebagian dalam bahasa Rusia, dia mengatakan perang telah menjadi “mimpi buruk” bagi Rusia dan bahwa sekarang telah kehilangan lebih banyak tentara di Ukraina daripada selama kedua perang Chechnya digabungkan.

READ  Seorang pelajar Rusia dijatuhi hukuman 10 hari penjara atas nama jaringan Wi-Fi pro-Ukraina berita Dunia

Kremlin mengatakan pada hari Selasa bahwa tindakan seorang wanita yang menyela buletin berita langsung di saluran TV pemerintah Rusia One pada hari Senin untuk mencela perang di Ukraina sama dengan “hooliganisme”.

Presiden AS Joe Biden sedang mempertimbangkan untuk melakukan perjalanan ke Eropa untuk pertemuan langsung dengan sekutu NATO, lapor Reuters. Biden dapat bertemu dengan para pemimpin lain di Brussel pada 23 Maret dan kemudian melakukan perjalanan ke Polandia, kata laporan itu.

Para menteri Inggris telah memberlakukan serangkaian larangan ekspor dan tarif baru pada produk-produk Rusia, pagi setelah pengesahan RUU kejahatan ekonomi, yang dimaksudkan untuk membuatnya lebih cepat dan lebih mudah untuk menargetkan oligarki dan kepentingan Rusia.

Ukraina akan melakukan upaya baru untuk mengirimkan pasokan kepada warga sipil yang terperangkap di kota Mariupol yang dikepung pada Selasa, kata wakil perdana menteri Iryna Vereshchuk.

Menteri luar negeri Turki mengatakan dia memperkirakan akan mengevakuasi warga dari kota pelabuhan selatan Ukraina Mariupol pada Selasa atau Rabu, katanya kepada wartawan setelah panggilan telepon dengan timpalannya dari Rusia Sergei Lavrov.

Uni Eropa pagi ini secara resmi menyetujui paket sanksi keempat, termasuk pembekuan aset dan larangan perjalanan terhadap Roman Abramovich. Rincian lengkapnya diharapkan akan diterbitkan dalam Journal of the European Union hari ini.

Pemilik Chelsea Roman Abramovich digambarkan sebagai “oligarki Rusia yang memiliki hubungan lama dan dekat dengan Vladimir Putin”, dalam salinan teks hukum Uni Eropa yang berkaitan dengan paket sanksi terbaru yang akan diterbitkan hari ini.

Boris Johnson telah mendesak barat untuk mengakhiri “kecanduan” bahan bakar Rusia saat ia menuju Arab Saudi untuk mendorong peningkatan produksi minyak.

READ  tunggu apa? Para arkeolog menemukan rempah-rempah berusia 500 tahun yang terawetkan dengan baik

Hampir 89.000 orang telah menawarkan rumah kepada pengungsi Ukraina pada jam-jam pertama skema pemerintah yang memungkinkan keluarga dan individu untuk membawa mereka ke Inggris.

Mantan kanselir Jerman Gerhard Schröder bertemu Abramovich di Moskow selama beberapa jam Kamis lalu, tabloid Bild melaporkan pagi ini. Tujuan misi diplomatik satu orang pelobi Gazprom, dan atas permintaan siapa itu terjadi, masih belum jelas.

(Dengan masukan dari Guardian)