Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Laporan Kesenjangan Adaptasi 2023 |  Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa

Laporan Kesenjangan Adaptasi 2023 | Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa

Apa yang baru dalam laporan tahun ini?

Laporan tersebut – yang mengkaji kemajuan dalam perencanaan, pendanaan dan pelaksanaan tindakan adaptasi – menemukan bahwa kebutuhan pendanaan adaptasi di negara-negara berkembang 10 hingga 18 kali lebih besar dibandingkan aliran pendanaan publik internasional. Angka ini lebih tinggi 50 persen dibandingkan perkiraan kisaran sebelumnya.

Biaya adaptasi di negara-negara berkembang diperkirakan mencapai US$215 miliar per tahun selama dekade ini. Pendanaan adaptasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan prioritas adaptasi lokal diperkirakan mencapai US$387 miliar setiap tahunnya.

Meskipun terdapat kebutuhan-kebutuhan ini, keseluruhan aliran pendanaan adaptasi multilateral dan bilateral ke negara-negara berkembang menurun sebesar 15 persen menjadi US$21 miliar pada tahun 2021. Sebagai akibat dari meningkatnya kebutuhan pendanaan adaptasi dan melemahnya aliran pendanaan, kesenjangan pendanaan adaptasi saat ini diperkirakan mencapai US$194. -366 miliar per tahun. Pada saat yang sama, perencanaan dan implementasi adaptasi tampaknya telah mencapai titik akhir. Kegagalan beradaptasi ini mempunyai implikasi kerugian dan kerusakan yang sangat besar, terutama bagi kelompok yang paling rentan.

Laporan ini mengidentifikasi tujuh cara untuk meningkatkan pembiayaan, termasuk melalui belanja dalam negeri, pembiayaan internasional, dan pembiayaan sektor swasta. Upaya tambahan yang bisa dilakukan adalah pengiriman uang, peningkatan pembiayaan bagi usaha kecil dan menengah, dan reformasi arsitektur keuangan global. Dana Kerugian dan Kerusakan yang baru juga perlu beralih ke mekanisme pembiayaan yang lebih inovatif untuk mencapai skala investasi yang diperlukan.

READ  Tweet Sopan Perdana Menteri Modi, Shahbaz Sharif Mengalami Kram Di Kashmir | berita terbaru india