SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

LAZ Resmikan Kapal Ambulans

  • Reporter:
  • Senin, 30 Desember 2019 | 15:17
  • Dibaca : 122 kali
LAZ Resmikan Kapal Ambulans
Kapal Ambulans LAZ Batam mulai beroperasi di Dermaga Pos AL Telagapunggur. /iwan sahputra

BATAM – Lembaga Amil Zakat (LAZ) Batam meluncurkan satu unit Kapal Ambulans di Dermaga Pos Angkatan Laut, Punggur, Jumat (27/12). Kapal tersebut sarana untuk masyarakat yang sakit di pulau-pulau untuk berobat ke Kota Batam.

“Dengan adanya Marine Ambulance tentunya memudahkan mobilisasinya, kemudian juga akan kita pakai untuk kegiatan Bantuan Sosial (Bansos),” kata Ketua LAZ Batam, Syarifudin.

Ia mengatakan program kapal tersebut merupakan kerja sama LAZ Batam bersama Politeknik Negeri Batam, RS Awal Bros, Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN, Yayasan Hasanah Titik (YHT) BNI Syariah dan LAZ Al Azhar Jakarta.

“Jadi tahun 2017 itu kami merancang program ini. Waktu itu masih bernama LAZ Masjid Raya Batam. Kerja sama awalnya itu bersama Politeknik Negeri Batam yang merancang teknis kapalnya, kemudian RS Awal Bros yang bagian Alat-alat Kesehatannya,” ujarnya.

Syarifudin menambahkan pada saat program tersebut di Funding oleh LAZ Batam tahun 2017. Program tersebut terkendala dengan dana yang ada. Baru sekitar 10 persen dari dana nilai Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang hampir Rp1 miliar lebih.

“Akhirnya saya mencoba mencari bantuan ke luar,” katanya.

Kemudian, pada saat mencari bantuan keluar LAZ Al Azhar mencoba membantu mempromosikan program tersebut. Sehingga YHT BNI Syariah memberikan bantuan kepada LAZ Batam sebesar Rp200 juta dan LAZ Al Azhar Rp100 Juta.

“Ada juga yang terhimpun dari masyarakat Batam, kemudian terakhir YBM PLN datang dibantu kita Rp250 juta. Kemudian terkumpulah Rp650 juta. Inilah yang kita jadikan dan kita rubah spesifikasinya,” jelasnya.

Setelah itu, pihak Politeknik Negeri Batam menghitung kembali spesifikasi kapal dan di RAB kedua untuk kapal Rp500 juta dan alat kesehatan Rp100 juta.

“Alhamdulillah itulah yang kita buat sekarang yang sudah jadi. Pembuatannya itu di Tanjunguban,” ujarnya.

Kapal ambulans tersebut akan beroperasi di Batam bahkan direncanakan di luar Batam juga bisa dioperasikan.

“Ini se-Kota Batam. Bahkan kalau ada pasien-pasien yang harus dijemput di luar Batam masih bisa. Menurut perhitungan dari yang membuat itu kapasitas tangkinya bisa sampai ke Lingga,” katanya. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com