Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Lebih dari 4 Juta Pengungsi Ukraina Melarikan Diri dari Perang, Kata PBB

Lebih dari 4 Juta Pengungsi Ukraina Melarikan Diri dari Perang, Kata PBB

Rusia berjanji untuk mengurangi pertempuran di sekitar Kyiv dan kota besar kedua setelah pembicaraan damai pada hari Selasa yang menurut pemimpin Ukraina menunjukkan tanda-tanda “positif”, tetapi sekutu Barat memperjelas keraguan mereka atas niat Moskow.

Penyaringan rincian dari pembicaraan di Istanbul meningkatkan harapan setelah lebih dari sebulan perang yang telah menewaskan ribuan orang dan jutaan orang mengungsi.

Negosiator Kyiv David Arakhamia mengatakan ada kondisi yang “cukup” bagi Presiden Volodymyr Zelensky dan timpalannya dari Rusia Vladimir Putin untuk bertemu dalam upaya untuk mengakhiri konflik terburuk Eropa dalam beberapa dasawarsa.

Di pihak Rusia, kepala negosiator Vladimir Medinsky menyebut pembicaraan itu “bermakna,” sementara wakil menteri pertahanan negara itu, Alexander Fomin, melaporkan kemajuan pada “netralitas dan status non-nuklir” Ukraina – dua kekhawatiran Rusia tengah.

Rusia, kata Fomin, telah memutuskan untuk “secara radikal, dengan beberapa kali mengurangi aktivitas militer” di sekitar Kyiv dan kota utara Chernigiv.

Zelen sendiri menyuarakan nada optimisme spekulatif setelah pembicaraan hari itu – meskipun dia mengatakan sinyal “positif” “tidak menenggelamkan ledakan atau peluru Rusia” dan bersumpah dalam pidato video Selasa malam untuk menjaga upaya pertahanan.

Tetapi Amerika Serikat jelas meragukan kata-kata Moskow, dan bersumpah dengan sesama kekuatan Barat untuk terus “menaikkan biaya” di Rusia.

Dan pada Selasa malam staf umum Ukraina – sementara mengkonfirmasi unit Rusia ditarik dari wilayah Kyiv dan Chernigiv – mengatakan kemungkinan besar rotasi pasukan dimaksudkan untuk “menyesatkan” militer Ukraina.

Sedikitnya 12 orang tewas dan 33 luka-luka pada Selasa ketika sebuah rudal Rusia menghantam sebuah gedung pemerintah daerah di kota Mykolaiv, Ukraina selatan, kata pejabat darurat.

READ  Erdogan sakit di TV dan membatalkan kampanye pemilu

Pemogokan menghantam gedung sembilan lantai sesaat sebelum pukul 9 pagi waktu setempat, menghancurkan seluruh bagian tengah bangunan.

“Jenazah 12 orang telah ditemukan dari lokasi kehancuran dan 33 orang terluka,” kata badan darurat Ukraina dalam sebuah pernyataan di Telegram.

Foto-foto yang diposting oleh badan tersebut menunjukkan petugas penyelamat membersihkan puing-puing dan seorang pekerja medis wanita dengan setelan merah membantu seorang pria yang terluka terbaring di tandu, wajahnya berlumuran darah.

Baca semua Berita Terbaru , Berita Terbaru dan Pembaruan Langsung IPL 2022 di sini.