Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Lebih sedikit perusahaan yang menaikkan harga: Ifo memperkirakan inflasi turun

Beberapa perusahaan menaikkan harga
Ifo Institute memperkirakan inflasi akan melambat

Jerman mengeluh di bawah inflasi yang tinggi. Namun, ekonom IFO mengharapkan pelonggaran di paruh kedua tahun ini. Karena lebih sedikit perusahaan yang berencana menaikkan harga mereka lebih banyak lagi. Ritel adalah pengecualian.

Ifo melihat tanda-tanda pertama dari perlambatan inflasi di paruh kedua tahun ini. Alasan untuk ini adalah bahwa lebih sedikit perusahaan yang bersedia menaikkan harga secara keseluruhan, kata peneliti ekonomi Munich, mengutip sebuah survei. Keseimbangan itu – persentase perusahaan yang ingin menaikkan harga dikurangi persentase yang ingin memangkas harga – saat ini 57,8, nilai tertinggi kedua sejak 2005, kata kepala ekonomi IFO Timo Wollmershäuser. “Tetapi trennya adalah tingkat inflasi bulanan akan turun dari lebih dari 7 persen menjadi kurang dari 6 persen pada paruh kedua tahun ini.”

Untuk setahun penuh, perkiraannya sekitar 6 persen. Penurunan ekspektasi harga mempengaruhi hampir semua sektor. Hanya ada sedikit peningkatan dalam perdagangan eceran. Ini juga sekarang memiliki kecenderungan terkuat untuk menaikkan harga: di sini proporsi perusahaan dengan rencana untuk menaikkan harga melebihi mereka yang tidak sebesar 77,4 poin persentase. Peningkatan perdagangan besar adalah 68,1 poin persentase, dan di industri 67,4 poin. Ini mengikuti konstruksi dengan 56,9 dan penyedia layanan 46,7 poin persentase.

Institut Ifo tidak menanyakan berapa banyak perusahaan yang ingin menaikkan harga mereka. Indeks Ekspektasi Harga telah meningkat hampir terus menerus sejak lubang korona terjadi pada tahun 2020, ketika sempat berubah sedikit negatif. Pada paruh kedua tahun 2021, kemudian mencapai level di atas 40 poin untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama, sebelum mencapai tertinggi jangka panjang 61,8 bulan lalu. Jika semua perusahaan yang disurvei berniat menaikkan harga, kreditnya akan ditambah 100 poin. Jika semua orang ingin menurunkan harga mereka, itu akan menjadi minus 100.

Meskipun ada beberapa risiko, suasana ekonomi Jerman secara umum membaik di bulan Mei. Indeks Iklim Bisnis Ifo naik menjadi 93,0 dari 91,9 di bulan sebelumnya dan untuk kedua kalinya berturut-turut. Dari Januari hingga Maret, ekonomi tumbuh 0,2 persen. Namun, pada kuartal kedua saat ini, PDB dapat menyusut karena perang di Ukraina, inflasi yang tinggi, dan penguncian virus corona di China.

READ  Zloty Polandia dalam masalah. Kami tahu komentar kepala NBP