Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Lelang astrologi? Naskah Einstein dijual di lelang di Paris

Salah satu dari hanya dua dokumen pekerjaan persiapan untuk teori relativitas umum yang telah sampai kepada kita, perkiraan antara dua dan tiga juta euro: manuskrip tanda tangan Albert Einstein yang dijual di lelang Christie Selasa di Paris dengan semua akun luar biasa.

Jual di stratosfer, secara harfiah: Salah satu naskah persiapan untuk teori relativitas umum Albert Einstein, diperkirakan antara dua dan tiga juta euro, akan dilelang Selasa di Paris. “Ini bisa dibilang manuskrip Einstein paling berharga yang pernah dilelang,” kata Christie’s, yang akan menawarkan untuk menjual rumah Agutes. Omong-omong, kita bisa seperti Ditentukan oleh France Inter disiniIkuti penjualan online mulai pukul 18:30 di Christie’s.

Menurut Vincent Belloy, seorang ahli di departemen buku dan manuskrip langka di Christie’s, mengutip dari halaman radio publik, nilai dokumen luar biasa ini diukur “dari dua juta hingga tiga juta euro.”

Salah hitung Einstein

Dokumen tersebut adalah naskah tanda tangan 54 halaman yang ditulis pada tahun 1913 dan 1914, di Zurich, Swiss, oleh fisikawan, kolaborator, dan orang kepercayaan kelahiran Jerman, Michel Besseau. Menurut Christie, insinyur Swiss ini dikreditkan dengan “naskah yang sampai kepada kita, hampir secara ajaib: Einstein mungkin tidak akan repot-repot menyimpan apa yang baginya tampak sebagai dokumen kerja.”

Setelah teori relativitas khusus, yang membuatnya mendemonstrasikan pada tahun 1905 rumus terkenal E = mc², Einstein mulai mengerjakan teori relativitas umum. Teori gravitasi ini, yang akhirnya diterbitkan pada November 1915, merevolusi pemahaman kita tentang alam semesta.

Mulai tahun 1913, dia dan Besso membahas “salah satu masalah yang dihadapi komunitas ilmiah selama beberapa dekade: anomali orbit Merkurius,” kenang Christie. Dua dunia akan memecahkan teka-teki ini. Tidak dalam akun palsu pada manuskrip ini, yang menghitung “sejumlah kesalahan tertentu yang tidak diperhatikan.” Ketika Einstein menemukannya, dia tidak lagi tertarik dengan manuskrip yang diambil Besso ini. “Dokumen tanda tangan ilmiah Einstein dari periode ini, dan lebih umum dari sebelum 1919, sangat langka,” kata Christie’s.

READ  Lewandowscy secara emosional terlibat dalam olahraga! Pasangan berlibur di Mallorca [FOTO] :: Majalah :: RMF FM

“Menjadi salah satu dari hanya dua manuskrip yang bekerja yang mendokumentasikan asal usul relativitas umum yang bertahan, ini merupakan bukti luar biasa atas karya Einstein dan memungkinkan kita menyelami pikiran ilmuwan terbesar abad kedua puluh,” lanjut rumah lelang tersebut. Dokumen lain yang diketahui dari periode penting dalam penelitian fisikawan ini, yang dikenal sebagai “Zurich Notebook” (akhir 1912, awal 1913) sebenarnya ada di Arsip Einstein di Hebrew University of Jerusalem.