Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Lihat cincin Uranus dalam gambar baru yang menakjubkan dari Teleskop Webb

Teleskop Luar Angkasa James Webb telah menangkap gambar baru yang menakjubkan gambar raksasa es Uranus, dengan hampir semua cincin berdebunya yang samar-samar terlihat,” Laporan CNN:

Gambar mewakili sensitivitas teleskop yang besar, kata NASAHanya cincin paling redup yang ditangkap oleh pesawat ruang angkasa Voyager 2 dan Observatorium WM Keck di Maunakea, Hawaii. Uranus memiliki 13 cincin yang diketahui, 11 di antaranya terlihat di gambar web baru. Sembilan episode diklasifikasikan sebagai episode utama, sedangkan dua lainnya sulit ditangkap karena riasannya yang berdebu dan tidak ditemukan hingga misi Voyager 2 terbang melintas pada tahun 1986.

Dua cincin luar redup lainnya yang tidak diperlihatkan pada gambar terakhir ini ditemukan pada tahun 2007 dari gambar yang saya ambil Teleskop Antariksa Hubble NASAdan para ilmuwan berharap Webb akan menangkapnya di masa depan… “JWST memberi kita kemampuan untuk melihat Uranus dan Neptunus dengan cara yang benar-benar baru karena kita belum pernah memiliki teleskop sebesar ini yang terlihat dalam inframerah,” kata Dr Naomi Roe-Gurney, ilmuwan penelitian pascasarjana PhD dan Duta Tata Surya untuk Teleskop Luar Angkasa Webb di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Md. dengan cara yang tidak terlihat oleh teleskop cahaya tampak seperti Hubble.”
Ketika Voyager 2 Saya melihat Uranuskameranya menunjukkan bola biru-hijau yang hampir tidak berbentuk pada panjang gelombang yang terlihat,” NASA menjelaskan. “Dengan panjang gelombang ekstra infra merah dan kepekaan Webb, kami melihat lebih detail, menunjukkan betapa dinamisnya atmosfer Uranus sebenarnya.”

Di sisi kanan planet ini terdapat area terang di kutub yang menghadap matahari, yang dikenal sebagai tudung kutub. Tutup kutub ini unik untuk Uranus—tampaknya muncul saat kutub terkena sinar matahari langsung di musim panas dan menghilang di musim gugur; Data Webb akan membantu para ilmuwan memahami mekanisme misterius saat ini. Webb mengungkapkan aspek mengejutkan dari tutup kutub: kecerahan halus yang ditingkatkan di bagian tengah tutup. Sensitivitas dan panjang gelombang webcam NIRCam yang lebih panjang mungkin menjadi alasan mengapa kita dapat melihat fitur kutub Uranus yang ditingkatkan ini ketika tidak terlihat jelas dengan teleskop kuat lainnya seperti Teleskop Luar Angkasa Hubble Observatorium Kik….

READ  Attoscience membuka jalan menuju superkonduktivitas

Ini hanyalah gambar paparan singkat Uranus selama 12 menit dengan hanya dua kandidat. Itu hanyalah puncak gunung es dari apa yang bisa dilakukan Webb saat mengamati planet misterius ini.