Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Lima pada skala Richter di Mars. Apa arti gempa bumi di planet merah?

Pesawat ruang angkasa Mars InSight mendeteksi ‘gempa’ terbesar yang pernah tercatat di planet lain pada awal Mei. Itu 5 pada skala Richter. Secara total, probe telah mendeteksi lebih dari 1.300 gempa bumi di permukaan Mars. Ini adalah pengetahuan berharga tentang proses yang terjadi di Planet Merah.

Selama bertahun-tahun, Mars tampak seperti planet yang tenang dan punah. Situasi berubah setelah 2018, ketika probe InSight mendaratkan seismograf di permukaan Mars.

Untuk batas ini Lebih dari 1.300 gempa tercatat, yang terbesar terjadi pada 4 Mei 2022. Itu 5 skala Richter. Gempa bumi terbesar yang tercatat sebelumnya di Mars diperkirakan 4,2 skala Richter Agustus lalu.

Gempa bumi di Mars membuka kemungkinan baru bagi kita tentang apa yang terjadi di bawah permukaan Mars. Kita belajar bahwa planet ini tidak dingin. Kurangnya medan magnet, yang menunjukkan bahwa tidak ada inti cair, bukanlah akhir dari topik. Teori modern mengatakan bahwa ada medan magma yang sangat dangkal di kerak Mars yang menyebabkan gempa bumi di Mars – Komentar oleh astronom Dr. Błaszkiewicz dari Universitas Warmia dan Mazury di Olsztyn.

Seismograf yang sangat sensitif disediakan oleh Pusat Penelitian Antariksa Nasional Prancis (CNES) untuk menyelidiki kedalaman interior planet. Ketika gelombang seismik berjalan melalui atau memantulkan materi kerak, mantel, dan inti Mars, mereka mengubah cara para ahli seismologi mempelajari kedalaman dan komposisi lapisan ini. Apa yang dipelajari para ilmuwan tentang struktur Mars dapat membantu mereka lebih memahami komposisi tidak hanya Mars itu sendiri, tetapi juga komposisi Bumi dan Bulan.

READ  Perusahaan sekarang ingin mendukung cross-play

Gempa bumi berkekuatan 5 skala richter tersebut di atas bukanlah goncangan yang kuat dibandingkan dengan yang ada di Bumi. Para ilmuwan sekarang akan menyelidiki lokasi yang tepat dan penyebab gempa ini.