Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Lubang cacing mungkin sudah ditemukan, kata fisikawan: ScienceAlert

Lubang cacing mungkin sudah ditemukan, kata fisikawan: ScienceAlert

Jembatan virtual yang menghubungkan wilayah ruang (dan waktu) yang jauh dapat kurang lebih terlihat seperti taman variasi lubang hitamyang berarti monster fisika legendaris ini mungkin telah terlihat.

Namun untungnya, jika model baru yang diajukan oleh tim kecil fisikawan dari Universitas Sofia di Bulgaria akurat, masih mungkin untuk membedakannya.

Bermain dengan Einstein Teori relativitas umum Cukup lama, mungkin untuk menunjukkan bagaimana latar belakang ruang-waktu alam semesta dapat membentuk tidak hanya lubang gravitasi yang dalam di mana tidak ada yang lolos — tetapi juga dapat membentuk puncak gunung yang mustahil yang tidak dapat didaki.

Tidak seperti sepupu gelap mereka, gundukan bercahaya ini akan menangkal apa pun yang mendekat, menyemburkan aliran partikel dan radiasi yang tidak memiliki harapan untuk kembali.

Mengesampingkan kemungkinan yang luar biasa Big Bang terlihat seperti itu salah satu dari inilubang putih‘, tidak ada yang pernah diamati. Namun demikian, ini tetap merupakan konsep yang menarik untuk mengeksplorasi ujung-ujung salah satu teori terbesar dalam fisika.

Di usia 30-anseorang kolega Einstein bernama Nathan Rosen menunjukkan bahwa tidak ada ruang-waktu yang sangat melengkung di alam semesta Lubang hitam Puncak curam lubang putih tidak dapat terhubung untuk membentuk semacam jembatan.

Di sudut fisika ini, prediksi kita sehari-hari tentang jarak dan waktu keluar dari jendela, yang berarti bahwa hubungan teoretis semacam itu dapat melintasi bentangan luas alam semesta.

Di bawah kondisi yang tepat, bahkan mungkin bagi materi untuk menyusuri tabung kosmik ini dan keluar dari ujung yang lain dengan informasinya yang kurang lebih utuh.

Jadi untuk menentukan seperti apa lubang hitam lubang cacing ini bagi observatorium seperti Teleskop Horizon Peristiwa, tim Universitas Sophia mengembangkan model “tenggorokan” lubang cacing yang disederhanakan sebagai cincin cairan magnet, dan membuat berbagai asumsi tentang bagaimana materi terbentuk. makhluk. Lingkari sebelum Anda menelannya.

READ  Email NASA mengungkapkan diskusi internal tentang panggilan untuk mengganti nama James Webb Space Telescope: laporan

Partikel yang terperangkap dalam badai dahsyat ini akan menghasilkan medan elektromagnetik kuat yang akan berputar dan pecah dalam pola yang dapat diprediksi, mempolarisasikan cahaya apa pun yang dipancarkan dari materi panas dengan tanda yang berbeda. Pelacakan gelombang radio terpolarisasi itulah yang memberi kami gambar menakjubkan pertama M87* pada tahun 2019 dan lengkungan * awal tahun ini.

Ternyata bibir panas lubang cacing yang berasap sulit dibedakan dari cahaya terpolarisasi yang dipancarkan oleh piringan kekacauan yang mengelilingi lubang hitam.

Dengan logika itu, M87* bisa menjadi lubang cacing. Faktanya, lubang cacing mungkin mengintai di ujung lubang hitam di mana-mana, dan kita tidak akan memiliki cara yang mudah untuk mengetahuinya.

Ini tidak berarti bahwa tidak ada cara untuk mengetahui sama sekali.

Jika kita beruntung dan mengumpulkan gambar calon lubang cacing seperti yang terlihat secara miring melalui lensa gravitasi yang layak, karakteristik persis yang membedakan lubang cacing dari lubang hitam mungkin akan terlihat.

Ini akan membutuhkan massa yang ditempatkan secara memadai di antara kita dan lubang cacing untuk mendistorsi cahayanya cukup untuk memperbesar perbedaan kecil, tentu saja, tetapi setidaknya akan memberi kita cara untuk mendeteksi titik gelap kehampaan yang memiliki jalan keluar belakang.

Ada jalan lain yang juga membutuhkan banyak kekayaan. Jika kita mendeteksi lubang cacing pada sudut yang sempurna, cahaya yang bergerak melalui pintu masuk pemisahnya ke arah kita akan semakin memperkuat ciri khasnya, memberi kita indikasi yang lebih jelas tentang sebuah portal melalui bintang-bintang dan seterusnya.

Pemodelan lebih lanjut dapat mengungkapkan sifat lain dari gelombang cahaya yang membantu menyaring lubang cacing dari langit malam tanpa memerlukan lensa atau sudut yang sempurna, sebuah kemungkinan yang sekarang menjadi perhatian para peneliti.

READ  Bagaimana anak kembar mengungkap rahasia obesitas molekuler

Berikan lebih banyak batasan Dalam fisika, wormhole tidak hanya bisa mengungkap cara-cara eksplorasi baru Relativitas umumTetapi fisika menggambarkan perilaku gelombang dan partikel.

Lebih dari itu, Pelajaran dari prediksi Yang seperti itu dapat mengungkapkan di mana relativitas umum rusak, membuka beberapa lubangnya sendiri untuk membuat penemuan baru yang berani yang dapat memberi kita cara yang sama sekali baru untuk melihat alam semesta.

Penelitian ini telah dipublikasikan di pemeriksaan fisik d.