Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Lubang hitam yang melahap Matahari setiap hari mungkin merupakan objek paling terang di alam semesta

Lubang hitam yang melahap Matahari setiap hari mungkin merupakan objek paling terang di alam semesta

CAPE CANAVERAL, Florida – Para astronom telah menemukan objek paling terang di alam semesta, sebuah quasar yang memiliki lubang hitam di intinya yang berkembang begitu cepat sehingga menelan setara dengan matahari setiap hari.

Quasar yang memecahkan rekor ini bersinar 500 triliun kali lebih terang dari Matahari kita. Lubang hitam yang menggerakkan quasar jauh ini berukuran 17 miliar kali lebih besar dari Matahari kita, sebuah tim yang dipimpin Australia melaporkan pada hari Senin di jurnal Nature Astronomy.

Meskipun quasar tampak seperti titik di foto, para ilmuwan membayangkan sebuah tempat yang ganas.

Piringan yang berputar di sekitar lubang hitam quasar – gas bercahaya yang berputar-putar dan materi lain dari bintang-bintang yang melahap – menyerupai tornado kosmik.

“Quasar ini adalah tempat paling intens yang kita ketahui di alam semesta,” kata penulis utama Christian Wolff dari Australian National University melalui email.

Observatorium Selatan Eropa melihat objek J0529-4351 selama survei langit pada tahun 1980, namun dianggap sebagai bintang. Ia belum teridentifikasi sebagai quasar – inti galaksi yang sangat aktif dan bercahaya – hingga tahun lalu. Pengamatan yang dilakukan dengan teleskop di Australia dan Gurun Atacama di Chili telah mengatasinya.

“Hal yang menarik tentang quasar ini adalah ia bersembunyi di depan mata dan sebelumnya salah diklasifikasikan sebagai bintang,” kata Priyamvada Natarajan dari Universitas Yale, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, melalui email.

Pengamatan selanjutnya dan pemodelan komputer menentukan bahwa quasar memakan setara dengan 370 matahari per tahun, kira-kira setara dengan satu matahari per hari. Analisis tambahan menunjukkan bahwa massa lubang hitam adalah 17 hingga 19 miliar kali massa Matahari kita, menurut tim tersebut. Diperlukan lebih banyak observasi untuk memahami tingkat pertumbuhannya.

READ  Kesempatan yang Belum Pernah Ada Sebelumnya Untuk Menyelidiki Pengunjung Antarbintang Berikutnya Dengan Teleskop Luar Angkasa Webb

Quasar terletak 12 miliar tahun cahaya dan telah ada sejak awal mula alam semesta. Satu tahun cahaya sama dengan 5,8 triliun mil.