Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Lump sum pada pendapatan pada tahun 2022

Salah satu pembaca menarik perhatian pada masalah mengubah aturan untuk penggunaan jumlah lump-sum pada pendapatan sebagai bagian dari edisi kedua editor Law.pl dan LEX. Bekerja “Mari kita perbaiki hukum.” Isu ini signifikan karena menyangkut ribuan wajib pajak. Ini sangat penting sekarang, dengan berlakunya tatanan Polandia dan tenggat waktu yang sudah dekat untuk mengubah bentuk perpajakan dan perpindahan, misalnya, dari aturan umum ke lump sum atau dari kontrak kerja ke aktivitas komersial.

Unduh templat dokumen di LEX: Surat pernyataan orang yang menjalankan usaha kena pajak dalam bentuk lump sum>

Pajak lump sum tidak tersedia untuk semua orang

Lokasinya sekitar seni. 8 detik 2 Angka 1 Undang-Undang 20 November 1998 tentang Pajak Penghasilan Tetap atas Penghasilan Tertentu yang Diterima Orang Pribadi. Menurut isinya, jika seorang wajib pajak yang melakukan usaha sendiri atau berbentuk badan hukum, dan yang memilih untuk memungut pajak tetap atas pendapatan yang dicatat, akan menerima pendapatan dari kegiatan ini dari penjualan barang atau produk komersial atau dari penyediaan dari jasa yang diberikan kepada pemberi kerja sebelumnya atau saat ini, yang sesuai dengan kegiatan yang dilakukan oleh wajib pajak atau setidaknya salah satu mitra pada tahun sebelum tahun pajak sebagai bagian dari bisnis atau hubungan bisnis koperasi, Dalam tahun pajak, wajib pajak kehilangan hak untuk mengenakan pajak dalam bentuk lump sum atas penghasilan yang dicatat, dan, sejak tanggal penerimaan penghasilan ini sampai dengan akhir tahun pajak, membayar pajak penghasilan secara umum..

Menurut pembaca, ketentuan ini harus dihapus.

– Perubahan cepat dan luas yang dibuat oleh pembuat undang-undang dalam beberapa tahun terakhir (misalnya melalui serangkaian perubahan pajak yang disebut sistem Polandia) tidak memungkinkan pembayar pajak untuk beradaptasi dengan perubahan ini mulai tahun depan, yaitu, pada saat perubahan ini mulai berlaku , yang mencegah mereka dari merancang cara yang optimal untuk pajak penghasilan mereka sehubungan dengan peraturan baru – pembaca membenarkan argumennya.

READ  Roku: Kegagalan di pengadilan membuat saham menurun

Dia juga menambahkan bahwa menghapus poin di atas akan membuat opsi tarif tetap sama dengan memilih pajak tetap, mengingat perspektif “transisi” wajib pajak dari kontrak bisnis ke menjalankan perusahaan (lihat Bagian 9a(3)) tanggal 26 Juli, 1991 tentang pajak penghasilan atas orang pribadi, di mana Sudah pada tahun 2010 pembuat undang-undang memutuskan untuk menghapus asumsi serupa tentang pajak tetap.

Lihat di LEX: > Tarif lump sum pada pendapatan yang tercatat untuk tahun 2022

Tidak mungkin menemukan argumen dalam situasi hukum saat ini yang dengan cara apa pun membenarkan adanya perbedaan yang ditunjukkan antara kemungkinan membuat pilihan yang disebutkan di atas, dan harapan wajib pajak bahwa mereka akan dapat memperkirakan niat dari pembuat undang-undang dua tahun sebelumnya, sehingga mereka dapat memiliki pilihan nyata antara salah satu cara saat ini untuk mengenakan pajak atas pendapatan seseorang sangat berbahaya dan mempertanyakan kualitas hukum yang dikeluarkannya Pembaca berpendapat.

Masalah besar bagi banyak profesi, termasuk profesional TI

Masalahnya besar bagi banyak pembayar pajak. Ini menyangkut, misalnya, profesional TI, tetapi juga banyak profesi lainnya. Pada kesempatan pengenalan sistem Polandia, Kementerian Keuangan memutuskan untuk menggeneralisasi penyelesaian pajak dalam bentuk lump sum atas pendapatan. Oleh karena itu, tarif flat baru yang lebih rendah diterapkan mulai Januari 2022. Profesional medis dapat melakukan penyesuaian 14%. Tarif pajak (17% sebelumnya). Sebaliknya, tarif untuk profesi teknis (termasuk arsitek) diturunkan menjadi 14 persen. (17 sebelumnya). Pemrogram dapat membayar tarif tetap sebesar 12 persen. tarif.

Mengingat programmer dan profesional TI yang memiliki biaya rendah dalam menjalankan bisnis, dan biasanya menagih penjualan ke satu atau dua kontraktor, beralih ke tarif tetap dari tahun baru bisa menjadi penghematan besar. Pakar juga memberikan contoh seorang pengusaha yang mengeluarkan tagihan sebesar 20.000 zlotys per bulan. Jaringan PLN. Satu-satunya biaya operasionalnya adalah berlangganan telepon dan layanan akuntansi, dengan nilai total PLN 400. Dalam kasus formulir pajak tetap, total kewajiban akan menjadi sekitar 4.684 PLN. Dengan lump sum di Lada Polandia, itu akan turun di bawah 3 ribu. zloty.

READ  General Motors-Aktie Aktuell: General Motors verzeichnet mit 3,9 Prozent deutliche Verluste

Namun, resep yang diperhatikan pembaca berarti tidak selalu mungkin untuk memanfaatkan fasilitas ini. Seperti yang dijelaskan Marta Larroa, Penasihat Senior di Layanan Penasihat Orang EY Polska dalam sebuah wawancara dengan Praw.pl, Aplikasi lump sum yang menarik akan dikenakan batasan waktu tertentu. Oleh karena itu, tampaknya perubahan hukum itu dibenarkan.

– Bekerja sama dengan pemberi kerja sebelumnya, pajak lump-sum hanya dapat digunakan setelah dua tahun. Tidak ada batasan seperti itu jika Anda bekerja sama dengan entitas lain. Apakah pembatasan ini akan meningkatkan turnover karyawan? Akankah majikan dapat mempertahankannya? tanya ahli itu.

Baca di LEX: Pengurangan sekaligus dari pendapatan yang tercatat – muncul dalam dokumen pajak>

Dia juga mencatat bahwa permintaan untuk profesional industri TI telah berada pada tingkat yang sangat tinggi selama bertahun-tahun. Jumlah tawaran pekerjaan di industri ini terus bertambah, begitu pula permintaan akan tenaga ahli dengan kualifikasi dan kompetensi tertentu. Daya saing pasar sudah sangat tinggi. Sekarang, kesulitan tambahan dalam mempertahankan karyawan dan memperoleh karyawan baru mungkin adalah peraturan baru yang diterapkan di bawah Program Kesepakatan Polandia. Dengan demikian, daya tarik lump sum untuk profesional TI dapat berubah menjadi ancaman yang signifikan untuk perusahaanyang mempekerjakan para profesional ini. Mereka yang ingin mengambil keuntungan dari lump sum dapat mencari pekerjaan baru.

Lihat lebih banyak: Untuk memanfaatkan kesepakatan Polandia, profesional TI harus berganti pekerjaan >>

READ  Rata-rata Eropa memiliki rata-rata 15.055 euro yang dia miliki tahun ini