Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Makake bermain pingpong dengan kekuatan berpikir melalui chip otak Elon Musk

Neuralink, perusahaan neuroteknologi Elon Musk untuk penelitian dan pengembangan antarmuka otak dan mesin (BMI), menanamkan chip otak pada monyet kera yang memungkinkannya memainkan permainan pong, di sini disebut MindPong, dengan gagasan pajaknya. Dengan bantuan BMI, penderita kelumpuhan nantinya bisa menggunakan komputer dan beraktivitas lagi.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh Neuralink pada hari Jumat, perusahaan tersebut menggambarkan pengalaman dengan monyet kecil berusia sembilan tahun bernama Pager.. BMI yang terhubung secara nirkabel, N1 Link, yang dikembangkan oleh perusahaan, ditanamkan pada kera. N1 Link berkomunikasi dengan gelombang otak yang, menurut Neuralink, berasal dari bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengontrol dua bagian tubuh. Chip tersebut harus dapat merekam potensi gerakan (pin) melalui 1024 saluran elektroda, mengalirkan dan mengirimkannya secara nirkabel melalui Bluetooth secara real time.

Pada fase pertama pengalaman, Pager memainkan pong dengan joystick – sebuah pencapaian yang gagal diraih beberapa orang dengan kualitas yang ditawarkan. Jika dia mengontrol pong dengan benar dan memainkan bola virtual lagi, dia menerima bonus tube feed. Gelombang otaknya diukur dan pola aktivitas saraf diperlukan untuk mengontrol joystick. Dari sini, peneliti membuat model (decoder) yang dapat memprediksi arah dan kecepatan gerakan yang akan datang atau yang diinginkan. Apalagi, gerakan yang dimaksud kemungkinan besar bisa diprediksi hanya berdasarkan pola aktivitas otak. Niat untuk bergerak ini kemudian dapat digunakan untuk menerapkan kontrol pong secara kasar.

Jika Anda mengalami masalah saat memutar video, aktifkan JavaScript

Video tersebut memperlihatkan bagaimana Makake Pager mengontrol MindPong melalui aktivitas otaknya.

(Cowell: Neuralink)

Setelah decoder dikalibrasi dengan play, percobaan tahap kedua adalah bermain tanpa joystick. Sekarang pager hanya melihat permainan di layar. Untuk terus mendapatkan hadiahnya, Pager ingin mengontrol pong, tetapi secara mental hanya melakukan gerakan yang diperlukan. Gelombang otak dievaluasi berdasarkan pola yang dibangun sebelumnya dan dayung pong digerakkan ke atas atau ke bawah.

Neuralink mengatakan bahwa teknologi merupakan langkah penting dalam memajukan tujuan jangka panjang perusahaan dalam menciptakan BMI yang fungsional dan aman bagi individu. BMI harus bekerja secara nirkabel dan dapat ditanamkan sepenuhnya. Pada langkah pertama, Elon Musk, salah satu pendiri Tesla dan CEO SpaceX, ingin membantu orang yang lumpuh menggunakan komputer lagi untuk mendapatkan kembali “kebebasan digital” mereka. Dalam jangka panjang, lebih mungkin, peneliti suka Dan itu mengklaim Elon Musk. Misalnya, rangsangan otot juga bisa dikontrol dengan BMI sehingga penderita lumpuh bisa beraktivitas kembali.

Ketika konsep BMI untuk Neuralink pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019, ada kritik dari ahli saraf: Mereka menggambarkan pendekatan tersebut sebagai dipertanyakan dan menyatakan bahwa fungsi-fungsi sederhana terbaik dapat dikendalikan oleh aktivitas otak setelah pelatihan intensif. Ini tidak akan memajukan ilmu pengetahuan, karena banyak inovasi yang diterbitkan pada saat itu bukanlah hal baru. Tes hewan juga telah diklasifikasikan sebagai dipertanyakan secara moral.


(Ulp)

Ke halaman rumah

READ  Epic Games Store menawarkan 5 game gratis! Ilmuwan komputer