Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Manajemen kabaret di perusahaan PGE utama

Adam Torsha2021-07-22 17:20Editor Bankier.pl

Penerbitan
2021-07-22 17:20

/ Bahan untuk media

PGE Górnictwo i Energetyka Konwencjonalna, anak perusahaan Polska Grupa Energetyczna, adalah salah satu perusahaan kunci dalam konteks transformasi sektor energi Polandia. Baru-baru ini, bagaimanapun, manajemennya berubah terutama, dan tidak ada konsistensi dalam posisi utama.

Pada 22 Juli 2021, dewan pengawas PGE Górnictwo i Energetyka Konwencjonalna menolak Norbert Grodzic untuk membentuk dewan direksi perusahaan – ini diumumkan dalam pengumuman singkat. Lebih dari seminggu yang lalu, Desember adalah orang terpenting di perusahaan. Dari 30 Juni hingga 14 Juli, setelah pemakzulan, Wioletta Czemiel-Grzybowska Grudzień menjadi penjabat presiden.

Desember berhenti bekerja sebagai presiden baru. Pada 14 Juli 2021, itu adalah Krzysztof Kuśmierowski. Namun, Kuśmierowski tidak akan segera hadir. Hampir enam hari setelah menjabat, pada 20 Juli, dia mengumumkan pengunduran dirinya. Dia akan tetap di perusahaan sampai persaingan untuk kepala baru diselesaikan.

Perlu dicatat bahwa bulan Desember kemudian menjadi karena Pada tanggal 30 Juni 2021, dewan pengawas PGE Górnictwo i Energetyka Konwencjonalna memberhentikan Wioletta Czemiel-Grzybowska dari posisi presiden perusahaan. Rincian tidak diungkapkan pada saat itu, dan juru bicara hanya menegaskan bahwa “alasan pemecatan mantan presiden bukanlah situasi di pembangkit listrik Toro.”

Czemiel-Grzybowska telah berada di posisi itu untuk waktu yang lebih lama, meskipun dari sudut pandang pentingnya pekerjaan itu juga segera. DenganDia diangkat sebagai Ketua PGE GiEK pada April 2020, menggantikan Robert Ostrovsky. Ostrowski telah berada di bawah kendali GiEK selama satu tahun, per Maret 2019. Sebelumnya, beliau adalah Wakil Presiden Bidang Ekonomi di Jastrzębska Spółka Węglowa. Beberapa saat setelah meninggalkan GIEK, ia bergabung dengan perusahaan PGE lainnya – PGE EJ1.

Perusahaan besar tanpa kepemimpinan yang jelas

Secara total, tiga orang kunci meninggalkan perusahaan dalam waktu kurang dari sebulan. Dan bukan sembarang perusahaan. PGE Górnictwo i Energetyka Konwencjonalna memiliki aset batubara utama tidak hanya dari sudut pandang grup, tetapi juga dari sudut pandang seluruh grup Polandia. Mereka terutama Pembangkit Listrik Opol, Pembangkit Listrik Rybnik, Kompleks Pembangkit Listrik Dolna Odra, Pembangkit Listrik Bełchatów dan Tambang Batubara Coklat, Pembangkit Listrik Toro dan Tambang Batubara Coklat. Yang terakhir ini sangat vokal baru-baru ini mengenai konflik dengan Republik Ceko dan badai atas blok baru di Turów.

READ  Pabrik semikonduktor dibuka di Villach: pabrik chip baru akan membawa lebih banyak penjualan ke Infineon

Faktanya PGE GiEK adalah produsen listrik terbesar di Polandia, memasok sekitar sepertiga dari permintaan domestik. Ini juga memiliki hampir 90 persen. Partisipasi dalam ekstraksi lignit lokal. di Oleh karena itu, PGE GiEK adalah perusahaan besar dalam proses konversi energi Polandia. Sementara itu, ia kekurangan kontinuitas di posisi terpenting.

Perlu dicatat bahwa PGE GiEK bukan satu-satunya perusahaan energi yang diketahui mengalami beberapa kali pergantian posisi pimpinan. Misalnya, pada 16 Juli, Dewan Pengawas Energa memberhentikan Jacek Goliński dari jabatan presiden. Perubahan ini merupakan perubahan kesebelas dalam pengendalian dewan direksi Energi dalam tujuh tahun.

Sumber: