Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Mari Kita Lihat Apakah Kita Bisa Melangkah Lebih Jauh, Kata Zelenskyy Saat Berbicara dengan Rusia, Menjanjikan Kerja Sama dalam Evakuasi Warga Sipil

antara Rusia dan Ukraina,” kata juru bicara MEA Arindam Bagchi.

Negosiator dari pihak Ukraina, Denis Kireev, dibunuh oleh Dinas Keamanan Ukraina atas ‘Kecurigaan Pengkhianatan’, kata kantor berita Rusia RIA pada hari Sabtu. Seorang anggota delegasi pertama Ukraina pada negosiasi dengan Rusia tewas dalam penangkapan itu, katanya.

Para pejabat di kota pelabuhan Ukraina Mariupol pada hari Sabtu mengatakan mereka menunda evakuasi penduduk sipil, menuduh pasukan Moskow melanggar gencatan senjata, menurut kantor berita AFP. “Karena fakta bahwa pihak Rusia tidak mematuhi gencatan senjata dan terus menembaki Mariupol sendiri dan sekitarnya dan untuk alasan keamanan, evakuasi penduduk sipil telah ditunda,” kata pejabat kota dalam sebuah pernyataan di media sosial. media.

Sementara gencatan senjata Rusia tidak meluas ke Ukraina timur, India berhubungan dengan pihak berwenang Rusia dan Ukraina untuk mengevakuasi siswa yang terjebak di Sumy setelah pelaksanaannya, sumber CNN-News18. Para siswa telah mengeluarkan permohonan putus asa untuk bantuan di Sumy, dan mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka telah menyaksikan serangan udara di dekat asrama mereka.

Kota pelabuhan strategis Ukraina Mariupol berada di bawah “blokade” oleh tentara Rusia setelah berhari-hari serangan “kejam”, kata walikotanya pada hari Sabtu, menyerukan pembentukan koridor kemanusiaan. “Untuk saat ini, kami mencari solusi untuk masalah kemanusiaan dan semua cara yang mungkin untuk mengeluarkan Mariupol dari blokade,” kata Vadim Boychenko dalam pesan yang diposting di Telegram.

Pasukan Rusia sekarang hanya berjarak 32 kilometer (20 mil) dari fasilitas nuklir terbesar kedua Ukraina, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Yuzhnoukrainsk di Oblast Mykolaiv, kata Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield. Sementara itu, beberapa ledakan telah dilaporkan di Kharkiv, dan penduduk telah diminta untuk mencari perlindungan terdekat untuk keselamatan.

READ  Mobil diledakkan dalam ledakan di dekat gedung pemerintah di Donetsk, kata laporan media Rusia

Dewan Keamanan PBB akan mengadakan pertemuan darurat Senin mengenai krisis kemanusiaan yang dipicu di Ukraina oleh invasi Rusia, kata para diplomat Jumat. Setelah sesi publik ini, 15 anggota dewan akan berunding secara tertutup untuk membahas kemungkinan rancangan resolusi, seorang diplomat yang berbicara dengan syarat anonim mengatakan kepada AFP.

Pertemuan terakhir ini telah diusulkan oleh Meksiko dan Prancis, yang mendorong rancangan yang menyerukan diakhirinya permusuhan di Ukraina, aliran bantuan kemanusiaan tanpa hambatan dan perlindungan warga sipil. Tetapi telah mengalami hambatan, yaitu peringatan dari Amerika Serikat bahwa mereka tidak akan mendukung rancangan tersebut kecuali jika dinyatakan secara eksplisit bahwa Rusia telah menyebabkan krisis kemanusiaan, diplomat lain mengatakan kepada AFP.

Prancis awalnya menginginkan pemungutan suara Selasa lalu tetapi itu tidak terjadi. Sekarang, para diplomat mengatakan Prancis telah bergeser dan mengingat kritik AS tidak lagi mendorong pemungutan suara secepat sebelumnya. Setiap rancangan resolusi yang mengkritik Rusia dengan nama akan hancur karena Rusia memiliki hak veto di Dewan Keamanan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang memimpin perang negaranya melawan invasi Rusia, akan berpidato di AS pada Sabtu, kata seorang ajudan AS. Zelensky akan berbicara dengan para senator melalui Zoom pada pagi hari waktu Washington atas permintaan Ukraina. Ketika perang di Ukraina semakin intensif, beberapa anggota parlemen AS mendesak Presiden Joe Biden untuk mengambil sikap yang lebih keras terhadap Rusia, seperti dengan menangguhkan impor minyaknya.

Gedung Putih telah mengesampingkan hal ini sejauh ini, karena khawatir hal itu dapat menyebabkan kenaikan harga minyak lebih tinggi lagi dan melukai konsumen AS yang tersengat oleh rekor inflasi. Senator Republik Lindsey Graham telah menyerukan “seseorang di Rusia” untuk membunuh Presiden Vladimir Putin.

READ  Pakistan berduka atas kematian jurnalis lain. Siapa yang mengungkap penangkapan ikan ilegal oleh pejabat Arab?

Zelensky sendiri sangat mendesak NATO untuk menegakkan zona larangan terbang di atas Ukraina untuk menghentikan serangan bom tetapi pemerintahan Biden telah mengesampingkan hal ini, khawatir hal itu dapat menyebabkan perang habis-habisan antara Barat dan Rusia, meskipun beberapa anggota parlemen AS mendukung rencana tersebut. pembentukan zona seperti itu.

Baca semua Berita Terbaru, Berita Terbaru dan Pembaruan Langsung Pemilihan Majelis di sini.