SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Masyarakat Harus Cerdas Memilih Caleg

Masyarakat Harus Cerdas Memilih Caleg
Ilustrasi Foto TEGUH PRIHATNA

BATAM – Sejumlah partai politik akan memberi sanksi berupa peringatan hingga tak akan dicalonkan lagi terhadap anggota DPRD Batam yang malas mengikuti agenda kerja DPRD. Di sisi lain, masyarakat harus cerdas dalam memilih calon anggota legislatif di Pemilu 2019.

Ketua DPC Hanura Kota Batam Iwan Krisnawan mengatakan pihaknya akan memberi peringatan kepada anggota DPRD dari Fraksi Hanura jika memang terbukti malas. Peringatan itu bertujuan mengingatkan mereka agar amanah sebagai wakil rakyat.

Peringatan diberikan sesuai mekanisme di partainya. Misalnya, jika ada anggota yang malas mengikuti rapat paripurna, rapat dengar pendapat (RDP) dan agenda lainnya. “Diberikan surat peringatan dulu sesuai mekanisme partai dan apabila masih melanggar juga akan diberikan sanksi PAW (pergantian antar waktu),” kata Iwan kepada SINDO BATAM, Senin (2/4/2018)

Hal senada juga disampaikan Ketua DPD PKS Kota Batam Syaifudin Fauzi. Ia mengatakan peringatan yang diberikan kepada anggota Dewan malas perlu dilakukan. Karena pada saat pemilihan, masyarakat berharap banyak mereka bisa berbuat demi kepentingan dan kesejahteraan rakyat.

“Termasuk hadir dalam kegiatan-kegiatan kedewanan yang sudah dijadwalkan,” kata Fauzi.

Sekretariat DPRD, kata dia, juga harus transparan menampilkan dan menyampaikan kepada masyarakat melalui media, siapa saja anggota legislatif yang mangkir dari setiap agenda DPRD. Menurut dia, trasparansi kehadiran akan menjadi dasar atau modal bagi masyarakat untuk menentukan pilihannya pada pemilu berikutnya, agar tidak salah memilih.

“Media berani mempublikasikan secara transparan tanpa pilih-pilih dan takut siapa dan dari partai mana,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com