Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Matahari melepaskan suar matahari Kategori X yang intens, dengan lebih banyak lagi yang akan datang

Suar matahari yang kuat meledak di permukaan matahari Kamis malam dari bintik matahari kompleks yang, secara harfiah, dapat meletus lagi segera.

Itu adalah ledakan partikel bermuatan Itu terdaftar sebagai suar kelas X1.2. Flare X adalah yang paling kuat dan dapat menyebabkan class flare badai geomagnetik Mempengaruhi medan magnet Bumi yang berpotensi merusak satelit, peralatan komunikasi, dan bahkan jaringan listrik.

Suar itu adalah yang terkuat yang terlihat setidaknya sejak Oktober.

NASA/SDO

Namun, pancaran X1 seperti ini berada di ujung bawah skala X. Jadi, belum ada kerusakan langsung yang dilaporkan dari ledakan itu sendiri, selain pemadaman radio gelombang pendek di beberapa bagian Australia dan Pasifik Selatan. Peredupan ini adalah hasil dari semburan matahari yang energik yang bergerak dengan kecepatan cahaya menuju planet kita, mencapai Bumi hanya dalam waktu delapan menit. Namun, itu pendek.

Namun, para ilmuwan yakin pasti ada lebih banyak gudang senjata bintik matahari ini.

Tulis mantan astronom NASA Tony Phillips Spaceweather.com.

Suar yang kuat sering disertai dengan lontaran massa koronal (CME) dari plasma panas yang dapat dikeluarkan ke Bumi tetapi dengan kecepatan yang jauh lebih lambat, membutuhkan waktu satu hari atau lebih untuk melakukan perjalanan.

Ketika ada dampak langsung di Bumi, hasilnya bisa berupa tampilan aurora yang terang di garis lintang yang lebih tinggi, tetapi juga kerusakan infrastruktur yang disebutkan di atas. Sejauh ini tidak ada laporan CME yang menyertai suar hari Kamis.

Ini adalah kejutan yang disambut baik, karena bintik matahari yang masif dan sangat kompleks yang dihasilkannya telah menghabiskan bagian pertama minggu ini dengan meledakkan suar yang kuat dan CME di sisi terjauh matahari. Sekarang bintik matahari itu, dikatalogkan sebagai AR3182, mengorbit dalam garis pandang langsung kita dari Bumi, yang berarti bahwa CME masa depan selama beberapa hari ke depan dapat diarahkan langsung ke kita.

milik NOAA Prakiraan Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa Peluang 10 persen lebih banyak X flare selama akhir pekan.

READ  Pelatihan kognitif paruh baya dapat meningkatkan keseimbangan di kemudian hari | Riset