Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Menarik secara lingkungan: mobil surya Lightyear 0 mulai diproduksi

Menarik secara lingkungan: mobil surya Lightyear 0 mulai diproduksi

Ekologi yang sangat menarik
Mobil solar tahun cahaya 0 mulai diproduksi

Dalam beberapa tahun terakhir, startup e-car telah menjanjikan banyak hal tetapi jarang berkembang. Di sisi lain, proyek mobil surya Lightyear tampaknya sedang dikerjakan. Sebuah startup Belanda sekarang ingin masuk ke produksi serial dengan idenya.

Ada banyak startup mobil listrik dalam beberapa tahun terakhir, tetapi kebanyakan dari mereka belum berhasil melewati visi besar. Proyek sedan surya Lightyear, diluncurkan oleh mahasiswa di Universitas Teknologi Eindhoven pada tahun 2016, tampaknya lebih menjanjikan, karena model pertama, Lightyear 0, kini telah diperkenalkan ke dalam batch produksi akhir. Produksi seri kecil terbatas pada 946 unit dijadwalkan akan dimulai pada bulan September, dan kendaraan pertama akan dikirimkan ke pelanggan pada bulan November.

Lex Hoefsloot, pendiri dan CEO Lightyear, mempersembahkan versi produksi Lightyear 0, mobil bertenaga surya pertama di dunia.

(Foto: Tahun Cahaya)

Data utama untuk proyek mercusuar sangat mengesankan. Ini adalah sedan dengan panjang 5,08 meter dan koefisien drag hanya 0,19 berkat kulit eksterior yang ramping. Dengan berat 1575 kg, ini memastikan keuntungan efisiensi. Meskipun baterai rata-rata 60 kWh, Lightyear 0 harus menempuh jarak 625 kilometer dengan sekali pengisian baterai. Konsumsi 10,5 kWh per 100 km. Oleh karena itu, Stromer juga cocok untuk penggunaan jarak jauh. Pada kecepatan 110, jangkauannya harus tetap 560 kilometer. Dengan charging stop, listrik sepanjang 520 kilometer dapat diisi ulang dalam satu jam, sehingga dapat menjangkau lebih dari 1.000 kilometer.

Lima meter persegi medan energi matahari

Lightyear_0 _-_ Zenith _-_ Square_close_4K.jpg

Jika Lightyear 0 berada di bawah sinar matahari, sistem fotovoltaik bawaannya memberi makan baterai traksi dengan listrik.

(Foto: Tahun Cahaya)

Perhitungan ini tidak termasuk kontribusi potensial dari sistem fotovoltaik yang terintegrasi ke dalam kulit luar. Sebanyak lima meter persegi array sel surya melengkung terintegrasi ke dalam tubuh. Jika Lightyear berada di jalan pada hari yang cerah, pembangkit listrik di kapal dapat memasok listrik hingga 70 kilometer tambahan. Jika dihitung selama setahun, produksi energi matahari seharusnya cukup untuk 11.000 km. Tergantung tentu saja pada profil mengemudi, Lightyear menawarkan kemampuan untuk menghasilkan listrik untuk perjalanan harian secara mandiri selama berbulan-bulan hingga musim panas. Jadi pengguna mungkin tidak harus pergi ke pompa bensin selama lebih dari setengah tahun.

Lightyear 0 ditenagai oleh total empat mesin yang dapat menghasilkan output maksimum 170 tenaga kuda dan torsi 1.720 Nm. Lari dari posisi berdiri hingga 100 km/jam membutuhkan waktu 10 detik, dan kecepatan maksimum 160 km/jam.

Menarik dari sudut pandang lingkungan

Lightyear_0 _-_ Zenith _-_ Interior_dash_4K.jpg

Lightyear 0 menawarkan kokpit yang rapi dengan tampilan berbeda.

(Foto: Tahun Cahaya)

Lima pintu menyediakan lima kursi di interior yang dilapisi dengan bahan berkelanjutan, yang semuanya harus menyediakan ruang yang cukup untuk penumpang dewasa. Bagasinya mampu menampung hingga 640 liter barang bawaan. Perlengkapan tersebut termasuk pengatur suhu otomatis, kursi depan Recaro berpemanas, unit infotainment berjaringan dengan layar sentuh 10,1 inci, navigasi terintegrasi, dan sistem audio. Sistem bantuan seperti cruise control, sensor hujan, deteksi batas kecepatan, dan kaca spion berbasis kamera juga tersedia.

Lightyear 0 terlihat seperti mobil yang menyenangkan dan berorientasi masa depan, terutama dari sudut pandang lingkungan, tetapi harganya cukup mahal untuk €250.000. Tapi Lightyear sudah merencanakan model penerus yang terjangkau, yang seharusnya ada di pasaran pada akhir 2024 / awal 2025 dengan harga 30.000 euro.

READ  Bagian Bayer: Apakah Anda sudah mencerna syok glifosat?