SINDOBatam

Terbaru Metro+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Menikmati Hamparan Pulau-Pulau dari Menara Pandang Dendang Melayu Barelang

  • Reporter:
  • Sabtu, 25 Januari 2020 | 16:51
  • Dibaca : 120 kali
Menikmati Hamparan Pulau-Pulau dari Menara Pandang Dendang Melayu Barelang

BATAM – Liburan ke Kota Batam kurang lengkap rasanya jika belum berkunjung ke objek wisata Dendang Melayu Barelang, yang berada di Jembatan I Barelang Batam. Kini objek wisata ini sudah dilengkapi fasilitas pendukung wisata yakni menara pandang. Pengunjung dapat menyaksikan keindahan Jembatan Barelang dari sudut yang berbeda.

Berlokasi di sebelah kanan Jembatan Barelang, di bagian atas terdapat ruang terbuka dan wisatawan bisa melihat keindahan Jembatan Barelang serta pulau-pulau sekitar jembatan.

“2020 ini akan diaktifkan penggunaan menara pandang. Wisatawan dapat menikmati dan mengambil foto Jembatan Barelang dan keindahan lautnya dari jarak terdekat,” kata, Ardiwinata, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Sabtu (25/1/2020).

Ardi menyampaikan, Kota Batam terus berbenah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Batam baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Oleh karena itulah kita terus membangun fasilitas yang lengkap penunjang wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan,” katanya.

Dendang Melayu adalah salah satu objek wisata di Kota Batam yang diresmikan tahun 2012. Dilengkapi fasilitas, berupa panggung hiburan, tenan penjualan souvenir khas Kota Batam, spot foto Jembatan Barelang dengan panorama lautan biru Kota Batam, kuliner ringan khas Dendang Melayu yakni jagung bakar dan kelapa muda. Lokasi wisata ini juga dilengkapi musolla dan toilet.

“Suasananya sangat hidup, terdapat panggung hiburan, kuliner khas. Artinya ekonomi di Jembatan Barelang sudah mengeliat dan semakin baik,” terangnya.

Tempat Favorit Wisman

Dendang Melayu setiap akhir pekan diperkirakan 2.500 wisatawan berkunjung untuk menikmati destinasi wisata ini.

Koordinator Lapangan Pengelolaan Atraksi Budaya Dendang Melayu, Azir Dendang menyebutkan setiap harinya objek wisata Dendang Melayu Barelang ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Untuk hari Senin sampai Jumat 300 sampai 500 wisatawan perhari datang baik dari domestik dan mancanegara. Wisman yang datang kebanyakan berasal dari China, Singapura, Malaysia, Filipina,” katanya.

Akhir pekan kunjungan tersebut dipastikan meningkat, ia menyebutkan 1.500 sampai 2.500 wisatawan datang untuk menikmati keindahan Jembatan Barelang yang merupakan  icon Kota Batam.

“Datang untuk menikmati keindahan Jembatan Barelang dan berfoto,” ujarnya.

Selain memiliki banyak spot foto, Dendang Melayu Barelang menawarkan berbagai kuliner ringan berupa jagung bakar dan kelapa muda. Setiap akhir pekan panggung hiburan diisi penampilan dari band Melayu berikut dengan tari jogi dari Batam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan terus mempromosikan objek wisata yang ada di Kota Batam. “Jembatan Barelang objek wisata yang wajib dikunjungi,” katanya.

Pariwisata merupakan sektor yang selalu berkembang. Saat ini Wali Kota Batam, Muhamad Rudi saat ini tengah memperbaiki infrastruktur untuk memberikan rasa nyaman kepada wisatawan domestik dan mancanegara yang tengah berlibur di Kota Batam.

“Pak Wali (Wali Kota Batam, Muhamad Rudi) tengah membangun aksesbelitas, 3 tahun belakangan ini kita bangga, jalan diperlebar terdapat 5 lajur setiap jalurnya,” ujarnya.

Jalanan yang lebar dan nyaman ini dapat membawa wisatawan lebih banyak destinasi yang dikunjungi. Seperti ke Jembatan Barelang, wisatawan dapat berkunjung ke Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah merupakan masjid terbesar di Sumatera yang berada di Batu Aji.

“Wisata di Batam sangat lengkap seperti ada wisata kuliner, belanja, bahari, religi dan lainnya,” terangnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com