Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Menteri pertahanan India dan China akan bertemu pada hari Kamis, untuk pertama kalinya sejak bentrokan Galwan

Menteri pertahanan India dan China akan bertemu pada hari Kamis, untuk pertama kalinya sejak bentrokan Galwan

Menteri Pertahanan China Jenderal Li Shangfu akan mengunjungi India minggu ini untuk menghadiri pertemuan Organisasi Kerjasama Shanghai

New Delhi:

Menteri Pertahanan China, Jenderal Li Shangfu, akan bertemu dengan timpalannya dari India Rajnath Singh pada Kamis untuk pertama kalinya sejak pasukan kedua negara menghadapi bentrokan sengit di Lembah Galwan di Ladakh timur pada Mei 2020.

Pertemuan kedua menteri pertahanan itu terjadi setelah setidaknya 19 putaran pembicaraan antara para pemimpin militer India dan China di tengah kebuntuan di wilayah timur Ladakh.

“Para menteri pertahanan akan membahas, antara lain, hal-hal yang berkaitan dengan perdamaian dan keamanan regional, upaya kontra-terorisme dalam Organisasi Kerjasama Shanghai dan multilateralisme yang efektif,” kata pemerintah dalam sebuah pernyataan hari ini.

Kunjungan Jenderal Lee merupakan bagian dari pertemuan para menteri pertahanan negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO).

Organisasi Kerjasama Shanghai mengejar kebijakan berdasarkan prinsip kedaulatan dan integritas teritorial negara dan memaksakan non-campur tangan dalam urusan internal masing-masing negara.

Kunjungan Jenderal Lee ke India, yang dianggap dekat dengan Presiden China Xi Jinping, penting di tengah kebuntuan di sepanjang Garis Kontrol Aktual.

Jenderal Lee dan Tuan Singh kemungkinan besar akan membahas kemajuan dalam pembicaraan militer dan diplomatik untuk menyelesaikan krisis.

Sebelum kunjungan Jenderal Lee, Kementerian Pertahanan China mengatakan, pada putaran ke-18 pertemuan tingkat komandan korps yang diadakan pada hari Minggu, bahwa kedua belah pihak sepakat untuk “mempercepat” penyelesaian “masalah yang relevan” terkait kebuntuan di Ladakh timur. Selain menjaga perdamaian di wilayah perbatasan, lapor kantor berita PTI.

Namun, bulan lalu Menteri Luar Negeri S Jaishankar bertemu dengan rekannya dari China Chen Gang di sela-sela pertemuan G20 di Delhi, di mana Jaishankar mengatakan kepada Chen bahwa keadaan hubungan antara India dan China “tidak normal”.

READ  Coronavirus 2 Desember LANGSUNG: India melaporkan 9.765 kasus baru dan 477 kematian. Mandaviya akan mengadakan pertemuan dengan negara bagian/UT tentang inspeksi dan kontrol bandara pada jam 10 pagi hari ini

India adalah ketua Organisasi Kerjasama Shanghai, sebuah organisasi antar pemerintah yang dibentuk pada tahun 2001 dengan Kazakhstan, Cina, Kyrgyzstan, Pakistan, Rusia, Tajikistan dan Uzbekistan, selain India, sebagai anggota. Dua negara pengamat – Belarusia dan Iran – juga akan berpartisipasi dalam pertemuan para menteri pertahanan Organisasi Kerjasama Shanghai di Delhi.