Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Mesir tangkap tiga orang yang diduga mendistribusikan ribuan vaksin COVID-19

Tiga orang ditangkap di Mesir atas tuduhan membuang ribuan dosis vaksin COVID-19 tanpa izin, Reuters melaporkan.

Dosis yang dibuang ditemukan dengan munculnya gambar di media sosial yang menunjukkan paket putih berisi vaksin yang tersebar di sepanjang saluran air di Kegubernuran Bani Mazar, utara Minya.

Seorang apoteker dan pejabat yang tidak memiliki izin yang terlibat dalam kecelakaan itu ditahan atas tuduhan kelalaian berat, bersama dengan seorang sopir Kementerian Kesehatan yang seharusnya mengirimkan vaksin ke Direktorat Kesehatan di Kota Minya. Ketiganya ditangkap setelah memberikan akun yang bertentangan.

Dosis yang tidak terpakai hilang setelah diserahkan ke sopir pengantaran dan sebelum sampai di tujuan di Minya.

Nilai vaksin yang tidak digunakan diperkirakan lebih dari 5 juta pound Mesir, atau $319.000. Diyakini bahwa vaksin tersebut diproduksi oleh perusahaan China Sinopharm.

Tingkat COVID-19 di Mesir tercantum sebagai berikut Tingkat 2 “Menengah” oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Pada 10 September, negara itu memiliki 292.476 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi dan 16.860 kematian. Kedutaan Besar AS di Mesir.

Hanya sekitar 11 persen dari populasi telah menerima satu dosis vaksin COVID-19, sementara kurang dari 6 persen telah menerima suntikan penuh.

READ  Juno NASA melakukan kunjungan terdekat ke bulan terbesar Jupiter Ganymede dalam 20 tahun