Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Meteor Leonid: Meteor yang cepat dan terang menerangi langit malam

Meteor Leonid: Meteor yang cepat dan terang menerangi langit malam

Mendaftar untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita penemuan menakjubkan, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Dikenal sebagai salah satu meteor tercepat, Leonid bersinar di langit malam setiap tahun selama bulan November. Secara historis, mereka dianggap sebagai hujan meteor paling mengesankan yang pernah tercatat, sebagian besar karena badai meteor yang terbentuk setiap 33 tahun, menyebabkan ribuan meteor menghujani langit malam.

Ini bukan tahun yang penuh badai, tetapi masih ada banyak kesempatan untuk melihat Leonid yang brilian. Pada Kamis malam, hujan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada pukul 19.00 ET. Menurut EarthSky. Acara selestial akan terlihat oleh semua orang di sisi malam dunia pada saat itu.

Hujan meteor Leonid aktif hingga 2 Desember, bersamaan dengan ujung ekornya Hujan meteor Tauride Utara. Di sekitar puncaknya, detektif langit kemungkinan akan melihat 10 hingga 15 meteor per jam. Meteorit bergerak berlawanan arah dengan rotasi Bumi, menyebabkan tabrakan yang hampir langsung dengan atmosfer saat mereka berpotongan. Batuan luar angkasa sering tercatat diluncurkan ke langit dengan kecepatan 44 mil per detik (71 kilometer per detik) – Beberapa meteor tercepat dihasilkan oleh salah satu hujan meteor besar tahunan, menurut Robert Lunsford, koordinator laporan bola api untuk American Meteorite Society.

Lunsford mengatakan bahwa meteor yang lebih terang sering meninggalkan jejak bercahaya dan bahkan dapat meninggalkan garis asap di langit hingga beberapa menit.

Keluarga Leonids juga dikenal dengan bola api yang mencolok, yaitu meteorit yang sangat besar sehingga bersinar lebih terang dari Venus, dan penggembalaan Bumi, yaitu meteorit yang mendekati cakrawala dan terkenal dengan ekornya yang panjang dan berwarna-warni, Menurut NASA.

READ  Apakah ruang hampa raksasa membelah alam semesta?

“Mereka adalah meteorit tercepat yang dihasilkan di antara hujan meteor tahunan utama, dan mereka memiliki tampilan tertentu, seperti tombak, sangat panjang dan tajam,” kata Lunsford. “Mereka sangat mengesankan, terutama yang mencolok, itulah sebabnya mereka mungkin salah satu favorit saya.”

Prakiraan untuk hari Kamis, sekitar waktu puncak ini, sebagian besar langit cerah di atas pantai AS (Kota New York dan Los Angeles) dengan kemungkinan hujan 0%, menurut Alison Chenchar, ahli meteorologi CNN. Penduduk Midwest (Chicago) akan memiliki kondisi pemandangan langit yang kurang menguntungkan, dengan langit mendung dan kemungkinan turun salju sebesar 30%.

Waktu terbaik untuk mencari meteorit adalah Kamis malam hingga Jumat pagi, tetapi komunitas meteorit berspekulasi bahwa Bumi mungkin juga melewati aliran puing yang ditinggalkan pada tahun 1733 dari komet Leonids, Temple-Tuttle. .

Jika ini terjadi, untuk waktu singkat di Sabtu pagi sekitar pukul 1 pagi ET, mungkin ada hingga 250 meteor yang terlihat per jam, menurut Lunsford. Jika Anda berada di sisi malam Bumi selama waktu ini, Anda dapat melihat meteor, tetapi sebaiknya awasi ufuk timur untuk meningkatkan peluang Anda. (Mereka yang berada di Pantai Barat AS akan memiliki jendela yang lebih pendek untuk melihat ledakan ini, karena Leo, konstelasi tempat munculnya meteor, masih akan berada di bawah cakrawala.)

“Kami mundur ratusan tahun – karena komet melewati tata surya bagian dalam mungkin setiap 33 tahun – jadi setiap lintasan ini telah diplot,” kata Lunsford. “Kita bisa mengetahui waktu dan tanggal, tapi kita tidak tahu berapa kepadatan partikelnya. Jadi, ini bisa mengasyikkan, atau bisa juga tidak berharga.”

Itu masyarakat Al-Nayzak Dia merekomendasikan untuk keluar setidaknya 30 menit sebelum puncak hujan, untuk memungkinkan mata Anda menyesuaikan diri dengan kegelapan. Karena Bulan akan terbit pada waktu yang hampir bersamaan dengan konstelasi bercahaya, yang terbaik adalah melihat ke arah yang jauh dari cahayanya.

READ  NASA STEREO-A terbang kembali ke Bumi setelah 17 tahun perjalanan mengelilingi matahari

Siapa pun dapat menyumbangkan informasi yang berguna secara ilmiah hanya dengan membuat beberapa catatan tentang meteor tersebut. … Anda dapat keluar dan menghitung jumlah hal yang dapat Anda lihat.” Kata Lunsford.

“Menyenangkan, murah, dan cara yang baik bagi keluarga untuk berkumpul. Jika langit cerah saat itu, saya tidak ingin melewatkannya.”

Hanya ada satu lagi hujan meteor yang bisa Anda lihat sebelum akhir tahun, Menurut panduan hujan meteor 2022 dari EarthSky. Berikut waktu puncaknya:

• 14 Desember: Gemini

• 22 Desember: Ursid

Ada satu bulan lagi Kalender Almanak Petani Tua 2022: Lihat bulan dingin pada 7 Desember.