Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Microsoft mempersiapkan masa depan video game langsung di TV, tanpa konsol

Microsoft mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka bekerja pada perangkat lunak untuk memungkinkan gamer Xbox bermain langsung di TV yang terhubung ke Internet, tanpa konsol, langkah lain menuju fisikisasi video game.

• Baca juga: Karyawan Apple tidak senang dengan prospek kembali ke kantor

• Baca juga: Kamera CCTV: Amazon Membawa Lebih Banyak Transparansi Polisi

• Baca juga: Nintendo membuka museumnya sendiri di Jepang

Raksasa komputer Amerika dan kelas berat lainnya di sektor ini akan berpartisipasi mulai Sabtu dalam acara video game tahunan (E3 dari “Electronic Entertainment Expo”), yang akan diadakan online karena pandemi.

“Sebagai sebuah perusahaan, Microsoft sepenuhnya terlibat dalam permainan,” kata Presiden Grup Satya Nadella seperti dikutip dalam sebuah pernyataan.

Tiga miliar konsumen suka berjudi untuk kesenangan, semangat komunitas, sisi kreatif, serta kegembiraan pencapaian. Ambisi kami adalah mendukung mereka di mana pun mereka bermain.”

Pasar video game, didorong oleh krisis kesehatan dan penguncian, telah menjamur dalam beberapa tahun terakhir berkat penawaran seluler serta munculnya layanan cloud, seperti Luna (Amazon) dan Stadia (Google), tempat game dihosting di server daripada di konsol atau PC.

Pemain kemudian hanya membutuhkan pengontrol, layar, dan koneksi internet yang baik.

Tim Xbox bekerja sama dengan produsen TV untuk mengintegrasikan perangkat lunaknya yang akan menyediakan akses ke game yang biasanya tersedia di konsol mereka.

Itu juga merancang perangkat untuk dihubungkan ke monitor apa pun yang terhubung ke target yang sama.

Dalam beberapa minggu mendatang, pemain akan dapat membeli langganan Xbox Game Pass Ultimate, layanan streaming Microsoft, melalui browser internet utama (Chrome, Edge, dan Safari).

READ  Apple meluncurkan layanan cloud untuk integrasi berkelanjutan melalui XCode

“Masih ada tempat untuk konsol dan PC, dan sejujurnya, akan selalu ada. Namun berkat cloud, kami akan dapat memberikan pengalaman bermain game yang kuat kepada siapa pun yang terhubung ke Internet,” kata Phil Spencer, Manajer Divisi Xbox .

Xbox Game Pass memiliki 18 juta pelanggan di seluruh dunia pada akhir tahun lalu, menurut angka yang dirilis oleh grup tersebut.

Pengeluaran untuk video game di Amerika Serikat mencapai hampir $15 miliar pada kuartal pertama tahun 2021, naik 30% dari tahun lalu pada periode yang sama, menurut NPD Group.