Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Mie pipih berubah menjadi bentuk 3D – cukup tambahkan air mendidih

Jangan sampai tertipu. Pasta ini mungkin terlihat seperti fettuccine biasa. Tapi masak selama tujuh menit dalam air mendidih dan itu akan berubah menjadi spiral yang elegan.

Pasta dinamis adalah salah satu dari beberapa desain yang pertama kali dirancang dan didemonstrasikan minggu ini oleh para peneliti di lab Universitas Carnegie Mellon.

Setiap desain pasta baru dimulai dengan datar dan sederhana, tetapi pasta akan mundur dan membengkak menjadi tiga dimensi setelah mendidih. Dalam satu lembar Diterbitkan Rabu di Science Advances, para peneliti mengatakan mie pipih hingga lebih penuh tidak hanya menyenangkan untuk dibuat, tetapi mereka menggunakan lebih sedikit kemasan, lebih sedikit jejak karbon dan memasak lebih cepat daripada mie kering tradisional.

“Saya pikir ini sangat keren dan elegan,” kata Jennifer Lewis, seorang profesor teknik yang terinspirasi dari biologi dari Harvard yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut. “Kapan pun Anda bisa membawa ilmu pengetahuan kepada orang-orang melalui makanan, itu adalah kemenangan besar.”

Lining Yao, seorang insinyur mesin di Carnegie Mellon dan rekan penulis studi baru tersebut, mengatakan proyek penelitian tersebut tidak dimulai sebagai upaya memasak untuk menciptakan kembali salah satu makanan paling terkenal di dunia. Sebaliknya, pada 2017, Dr. Yao dan koleganya mulai merancang dan membangun struktur 2D yang dapat mengubah dirinya menjadi bentuk 3D.

“Kami pikir barang yang bisa dimakan bisa sangat menyenangkan,” kata Dr. Yao. “Kami mengincar mie,” katanya. Tidak hanya sederhana dan ada di mana-mana, tetapi juga memiliki manfaat tambahan karena “sangat kaya akan faktor bentuk”.

Dalam industri makanan, pasta biasanya dibuat dengan cara bisa dilipat Atau dengan menekan adonan melalui cetakan logam dan membentuk bentuk yang diinginkan, entah itu bentuknya siku, Sebuah torsi Atau prof Instrumen angin.

READ  Negara bagian mengatakan hanya 0,03% dari mereka yang divaksinasi penuh di Wisconsin yang tertular COVID-19, berita lokal

Untuk desain mie baru yang berubah bentuk, tim Dr. Yao mengambil jalan yang berbeda. Mereka memulai dengan resep tradisional, mencampurkan campuran sederhana tepung semolina dan air, kemudian menggunakan roller klasik untuk membuat lembaran adonan.

Mereka kemudian mencap adonan secara strategis untuk membuat lekukan kecil yang terukir di permukaannya. Selama memasak, permukaan berlekuk memuai lebih sedikit daripada permukaan yang halus, menghasilkan bentuk seperti kotak, pelana, dan gelombang.

“Anda bisa menyesuaikan adonan pasta dan mendapatkan perubahan bentuk yang mengesankan,” kata Teng Zhang, insinyur mekanik dan ruang angkasa di Syracuse University dan salah satu penulis penelitian.

Untuk penelitian tersebut, Dr. Zhang mengembangkan model komputer yang memprediksi transformasi akhir dari berbagai desain berdasarkan faktor-faktor termasuk bagaimana panas dan air akan mengubah gluten dari adonan dan pati selama proses memasak. “Ini lebih rumit dari sekedar bengkak,” katanya.

Pola dan desain yang dihasilkan dapat berguna untuk membawa makanan ke atau untuk lokasi bencana Astronot di stasiun luar angkasa Dua lingkungan di mana makanan dalam jumlah besar idealnya menggunakan ruang minimal. Para peneliti juga menyarankan dalam makalah bahwa pekerjaan mereka dapat memiliki aplikasi untuk robot lunak dan perangkat biomedis.

Beberapa ilmuwan juga telah menguji produk eksperimental mereka di luar lab. Sekelompok kecil memasaknya di atas kompor kemah portabel selama perjalanan hiking di dekat Pittsburgh, dan Dr. Yao menyajikan mie yang bisa berubah bentuk di pesta makan malam. Dia mengatakan kedua pengalaman itu berhasil.

Adapun kita semua: Jangan menahan napas untuk pasta flat-to-cavatape.

Ketika tim mulai mengembangkan desain yang sangat rumit – termasuk mi bunga mawar lipat sendiri – mereka menemukan bahwa pasta mungkin harus memiliki panjang beberapa inci, lebih besar dan lebih kompleks daripada ideal. Mereka juga berjuang untuk menciptakan bentuk geometris tertentu seperti kerucut dan kubah mulus.

READ  Peringatan meletusnya Gunung St. Helens | Tanah

Para peneliti juga menemukan bahwa pasta lebih baik dalam bentuk 3D ketika dimasak tidak lebih dari 7 menit.

“Dengan kata lain, pasta tidak akan pernah enak,” kata Dr. Lewis. “Jadi itu bagus selama kamu suka dent noodles. Secara pribadi, aku penggemarnya.”