Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Mikhail Gorbachev, yang mengakhiri Perang Dingin, meninggal pada usia 91 tahun: report

Mikhail Gorbachev, yang mengakhiri Perang Dingin, meninggal pada usia 91 tahun: report

Mikhail Gorbachev, pemimpin Soviet terakhir, meninggal pada Selasa dalam usia 92 tahun.

Moskow:

Kantor berita Rusia mengutip pejabat rumah sakit yang mengatakan bahwa Mikhail Gorbachev, yang mengakhiri Perang Dingin tanpa pertumpahan darah tetapi gagal mencegah runtuhnya Uni Soviet, meninggal pada Selasa dalam usia 92 tahun.

Gorbachev, presiden Soviet terakhir, membuat kesepakatan pengurangan senjata dengan Amerika Serikat dan kemitraan dengan kekuatan Barat untuk menghapus Tirai Besi yang telah membagi Eropa sejak Perang Dunia II dan membawa reunifikasi Jerman.

Ketika protes pro-demokrasi melanda negara-negara blok Soviet di Eropa Timur komunis pada tahun 1989, ia menahan diri untuk tidak menggunakan kekuatan – tidak seperti para pemimpin Kremlin sebelumnya yang mengirim tank untuk menghancurkan pemberontakan di Hongaria pada tahun 1956 dan Cekoslowakia pada tahun 1968.

Namun protes tersebut memicu aspirasi untuk otonomi di 15 republik Uni Soviet, yang selama dua tahun berikutnya hancur secara kacau.

Gorbachev berjuang dengan sia-sia untuk mencegah keruntuhan ini.

Ketika dia menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis Soviet pada tahun 1985, pada usia 54 tahun, dia telah memulai untuk merevitalisasi sistem dengan memperkenalkan kebebasan politik dan ekonomi yang terbatas, tetapi reformasinya berputar di luar kendali.

Kebijakannya tentang “glasnost” – kebebasan berbicara – memungkinkan kritik yang sebelumnya tak terbayangkan terhadap partai dan negara, tetapi juga mendorong kaum nasionalis yang mulai mendesak kemerdekaan di republik Baltik Latvia, Lituania, Estonia dan tempat lain.

Banyak orang Rusia tidak pernah memaafkan Gorbachev atas gangguan yang disebabkan oleh reformasinya, mengingat penurunan berikutnya dalam standar hidup mereka terlalu mahal untuk membayar demokrasi.

Setelah mengunjungi Gorbachev di rumah sakit pada 30 Juni, ekonom liberal Ruslan Greenberg mengatakan kepada kantor berita Angkatan Bersenjata Zvezda: “Kami telah diberi semua kebebasan – tetapi kami tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan itu.”

READ  Hadiah Nobel 2023: Lima hal yang perlu diketahui tentang penghargaan tersebut dan penciptanya

(Kecuali untuk judul, cerita ini belum diedit oleh kru NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)