Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Militer Iran belum menemukan tanda-tanda pelanggaran dalam kecelakaan helikopter besar |  Berita politik

Militer Iran belum menemukan tanda-tanda pelanggaran dalam kecelakaan helikopter besar | Berita politik

Laporan awal menyebutkan tidak ada bukti adanya aktivitas kriminal, namun penyidik ​​menegaskan penyelidikan belum selesai.

Penyelidik militer Iran sejauh ini tidak menemukan bukti adanya aktivitas kriminal dalam kecelakaan helikopter yang menewaskan mendiang Presiden Ebrahim Raisi dan tujuh orang lainnya, media pemerintah melaporkan.

Laporan awal tentang insiden yang disiapkan oleh Staf Umum Angkatan Bersenjata menyatakan bahwa pesawat “terbakar setelah bertabrakan dengan daerah tinggi,” dan tidak ada jejak “lubang peluru” yang ditemukan di reruntuhan helikopter, kata pejabat IRNA. kantor berita melaporkan terlambat. Kamis.

Laporan itu juga mengatakan bahwa helikopter Raisi terbang pada “rute yang telah direncanakan sebelumnya dan tidak meninggalkan jalur penerbangan yang ditentukan” sebelum jatuh pada hari Minggu.

Dia menambahkan: “Tidak ada konten mencurigakan yang diamati selama komunikasi antara menara kendali dan awak penerbangan.”

Kontak terakhir antara kendaraan presiden dan dua helikopter yang menemaninya tercatat sekitar satu setengah menit sebelum kecelakaan terjadi, menurut pernyataan yang dikeluarkan Staf Umum Angkatan Bersenjata, yang disiarkan di televisi pemerintah pada Kamis malam.

Drone Iran menemukan puing-puing helikopter di daerah pegunungan di barat laut Iran pada Senin pagi, dan “kompleksitas, kabut, dan suhu rendah” di daerah tersebut menghambat pekerjaan tim pencarian dan penyelamatan.

Tim penyelamat bekerja sehari setelah helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh di Farezgan, Provinsi Azarbaijan Timur, Iran. [Stringer/WANA]

Namun, meski pernyataan pertama mengenai insiden tersebut tidak menyebutkan siapa yang bersalah, dia mengatakan rincian lebih lanjut akan menyusul. Tentara mengatakan diperlukan lebih banyak waktu untuk melakukan penyelidikan.

Helikopter tua

Helikopter tua Bell yang jatuh membawa Raisi dan delegasinya pulang dari perjalanan ke perbatasan Iran dengan Azerbaijan pada hari Minggu.

Presiden sebelumnya telah membuka proyek bendungan tersebut bersama Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev.

Sanksi asing yang dikenakan terhadap Iran, sejak revolusi tahun 1979, dan kemudian dikenakan atas program nuklirnya serta dukungan terhadap apa yang disebut “poros perlawanan”, telah mempersulit negara tersebut untuk mendapatkan suku cadang pesawat atau pesawat baru.

READ  ''Tidak ada bukti adanya agregasi''

Jenazah Raisi dimakamkan di kampung halamannya di Masyhad pada Kamis, di penghujung hari upacara pemakaman di beberapa kota besar di Iran, termasuk ibu kota, yang dihadiri banyak pelayat.

Di antara mereka yang tewas dalam kecelakaan itu adalah Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian, yang juga dimakamkan pada hari Kamis di kota Shahr Ray, di selatan ibu kota.

Pemilihan presiden dijadwalkan pada 28 Juni.