Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Misi Tianwen-1 China membuktikan pendaratan kendaraan bersejarah itu di Mars

Kesan artis tentang kendaraan yang dikirim Tiongkok ke Mars pada Juli 2020.

Astronomi Alam

Sebuah “sidik jari” robot China dicetak di Mars pada hari Jumat, menjadikan China negara ketiga yang dengan aman mencapai permukaan Planet Merah. Misi ambisius Tianwen-1 adalah upaya pertama China untuk mencapai permukaan planet lain.

“China telah bergabung dengan klub elit negara penjelajah luar angkasa dalam pendaratan bersejarah ini,” kata Alan Duffy, astronom di Swinburne University dan ilmuwan di Royal Australian Institute.

Pesawat ruang angkasa Tianwen-1, Itu telah mengorbit Mars sejak Februari, Kapsul terlindung menuju permukaan pada hari Jumat sore. Ada di dalam Penjelajah Zhurong, Dipasang di bagian belakang kapal pendarat yang menggunakan parasut dan pendorong api untuk memperlambat dirinya sendiri. Waktu pendaratan resmi, Menurut layanan media pemerintah China, Xinhua, 16:18 PDT.

China mengikuti jejak Amerika Serikat untuk menjadi negara kedua yang memiliki penjelajah untuk melakukan perjalanan melintasi permukaan Mars.

Mungkin ada perayaan dan ulang tahun yang dipertukarkan di Pusat Kontrol Misi CNSA, tetapi teriakan atau teriakan yang biasa kita lihat selama pendaratan NASA tidak disiarkan secara langsung.

“Tidak seperti NASA, yang memposting gambar Perseverance Rover mendarat dalam beberapa menit setelah mencapai Bumi melalui jaringan luar angkasa, kami hanya mendengar sedikit dari CNSA tentang misi ini,” kata David Flannery, seorang ilmuwan planet di Queensland. Universitas Teknologi dan anggota tim ketekunan.

“Keengganan badan antariksa China untuk membagikan informasi terbaru hampir pasti terkait dengan kekhawatiran bahwa kegagalan misi dapat berdampak negatif pada para pemimpin politik China.”

Karena kelangkaan informasi, astronom amatir telah mencoba memahami bagaimana misi itu berjalan dengan mendengarkan sinyal radio yang menstimulasi yang disiarkan ke Bumi.

Zhurong mendarat di Utopia Planitia, salah satu kawah terbesar di Mars. Pesawat ruang angkasa NASA Viking 2 mendarat di kawah yang sama pada tahun 1976. Utopia Planetia diperkirakan akan mendarat Rumah tersembunyi dari es di bawah tanah Itu mungkin pernah ditutupi oleh lautan Mars sebelumnya. Di mana ada air suatu hari, mungkin ada kehidupan. Zhurong, seperti ketekunan NASA, akan menjelajahi daerah tersebut dan mencari tanda-tanda kehidupan lampau.

“Bersama dengan komunitas sains global, saya menantikan kontribusi penting yang akan diberikan misi ini bagi pemahaman umat manusia tentang planet merah,” kata Thomas Zurbuchen, Associate Director Direktorat Misi Sains NASA, kicauan pada hari Jumat.

10 bulan terakhir sibuk menjelajahi Mars.

Tiga pesawat ruang angkasa, termasuk Tianwen-1, diluncurkan ke Mars pada Juli 2020, Sambil memanfaatkan kedekatan Bumi dengan Planet Merah. Pengorbit Emirat Al-Amal, yang akan mengamati atmosfer Mars dari luar angkasa, memasuki orbitnya sendiri pada bulan Februari. Setelah tidak terlalu lama, Penjelajah NASA yang sekarang populerDan ketekunan dan Kreativitas seorang rekan penerbangan membuat sejarahItu telah mencapai permukaan Mars, dan telah mendarat di dasar danau kuno yang mungkin pernah menjadi rumah bagi kehidupan Mars.

READ  Tingkat vaksinasi COVID-19 yang mereka `` harapkan '' di Washington akan memungkinkan mereka untuk dibuka kembali lebih awal