Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Modi di AS: Mengapa Washington Meluncurkan Karpet Merah untuk Perdana Menteri India

Modi di AS: Mengapa Washington Meluncurkan Karpet Merah untuk Perdana Menteri India

  • Oleh Vikas Pandey
  • Berita BBC, Delhi

sumber gambar, Gambar Getty

keterangan foto,

Kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke AS digambarkan sebagai titik balik dalam hubungan bilateral

Kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Amerika Serikat menjadi sangat penting di tengah tantangan ekonomi dan geopolitik global.

Gedung Putih melakukan yang terbaik untuk menyambut Tuan Modi – ini adalah kunjungan kenegaraan, protokol diplomatik tingkat tertinggi yang disetujui AS dengan para pemimpin yang berkunjung. Modi akan diterima secara resmi di Gedung Putih pada hari Kamis sebelum mengadakan pembicaraan tatap muka dengan Presiden Joe Biden.

Lalu ada makan malam kenegaraan, pertemuan dengan para kepala eksekutif, berpidato di sesi bersama Kongres, dan pidato kepada orang India-Amerika, yang menjadi sorotan dari kunjungan Modi ke Amerika Serikat.

Namun di balik upacara yang dirancang dengan hati-hati terdapat diskusi yang berpotensi tidak hanya menyuntikkan energi baru ke dalam hubungan Indo-AS tetapi juga berdampak pada tatanan global.

Indo-Pasifik adalah tempat Amerika Serikat kemungkinan besar membutuhkan pengaruh India lebih dari di mana pun saat ini.

Amerika Serikat telah lama memandang India sebagai penyeimbang pengaruh China yang tumbuh di kawasan itu, tetapi Delhi tidak pernah merasa nyaman memiliki label tersebut.

Mungkin masih enggan melakukannya, tetapi China tetap menjadi salah satu katalisator utama yang mendorong hubungan Indo-AS.

Namun India tidak segan-segan mengambil keputusan yang membuat China marah. Itu melakukan latihan militer dengan pasukan AS tahun lalu di negara bagian Uttarakhand, yang berbagi perbatasan Himalaya dengan China. Delhi juga terus berpartisipasi aktif dalam Kuartet – yang juga mencakup AS, Australia, dan Jepang – meskipun ada reaksi marah dari Beijing.

Diplomasi India menjadi lebih tegas dengan mengatakan ini adalah momen negaranya di panggung dunia. Dan dengan alasan yang bagus – India adalah salah satu dari sedikit titik terang ekonomi di dunia saat ini, dan geopolitik juga mendukungnya – sebagian besar negara menginginkan alternatif industri selain China, dan India juga memiliki pasar yang besar dengan kelas menengah yang berkembang pesat. . Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk negara dan perusahaan global dengan China plus satu kebijakan.

READ  Perdana Menteri Modi menghadiri pemakaman mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada 27 September | berita terbaru india

Yang penting bagi Amerika Serikat adalah apa yang dilakukan India, bukan apa yang dikatakan secara terbuka tentang China, kata Tanvi Madan, direktur Proyek India di Brookings Institution di Washington, DC.

“Pada akhirnya, apakah India secara terbuka menerima label itu atau tidak, sangat jelas bahwa pemerintah India telah melihat hubungan AS bermanfaat seperti mereka berurusan dengan China,” katanya.

sumber gambar, Gambar Getty

keterangan foto,

Tuan Modi akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Biden selama kunjungan tersebut

Kedua negara sekarang mulai “melihat secara langsung teater Indo-Pasifik yang lebih luas,” tambah Michael Kugelman, direktur South Asia Institute di think tank Wilson Center di Washington.

“Kami mulai melihat Amerika Serikat menyadari pentingnya komponen barat kawasan Samudera Hindia. Selama bertahun-tahun, minat utama India, dengan alasan yang bagus, adalah kawasan Samudera Hindia. Sedangkan bagi Amerika Serikat, itu adalah Samudra Pasifik dan Laut Cina Selatan. Mereka akan melihat keamanan maritim untuk kawasan itu sekarang.”

Pernyataan bersama tersebut mungkin tidak menyebutkan China secara langsung tetapi akan menjadi agenda utama karena kedua pemimpin mendiskusikan cara untuk meningkatkan kehadiran mereka di Indo-Pasifik.

Tetapi sementara mereka menyetujui China, kedua negara memiliki dua pendekatan berbeda terhadap perang Ukraina.

India bergantung pada Moskow untuk hampir 50% kebutuhan pertahanannya, tetapi itu bukan satu-satunya alasan. India selalu bangga dengan kebijakan non-bloknya – atau kemerdekaan strategis, seperti yang disebut dalam beberapa tahun terakhir. Itu tidak ingin terbatas pada pusat kekuasaan tertentu dalam sistem dunia, yang membuat marah para diplomat Washington di bulan-bulan pertama invasi.

India juga telah mengambil langkah maju dengan secara terbuka menyerukan diakhirinya perang.

“Ketika ada konvergensi strategis, kedua negara termotivasi untuk mengelola perbedaan mereka. Mereka mungkin tidak dihilangkan, tetapi untuk mengelola perbedaan mereka. Dan saya pikir itu terjadi dengan perbedaan posisi mereka di Rusia,” ujarnya.

sumber gambar, Gambar Getty

keterangan foto,

Invasi Rusia ke Ukraina dan pengaruh Cina yang tumbuh di Asia diperkirakan akan terjadi selama pembicaraan

Sementara itu, bidang diskusi utama lainnya meliputi teknologi, pertahanan, dan manajemen rantai pasokan global.

Kedua negara menandatangani apa yang mereka sebut Critical and Emerging Technology Initiative. Perjanjian tersebut akan memungkinkan perusahaan dan universitas AS dan India di berbagai sektor, termasuk teknologi informasi, kedirgantaraan, pertahanan, kecerdasan buatan, pendidikan dan kesehatan, untuk bekerja sama.

Para pemimpin juga dapat mengumumkan lebih banyak kerja sama dalam teknologi, khususnya dalam pembuatan semikonduktor di mana China adalah pemain terbesarnya.

Pertahanan adalah area lain yang muncul sebagai titik pertemuan utama.

Data yang dianalisis antara tahun 2017 dan 2022 menunjukkan bahwa India adalah importir senjata terbesar di dunia dan Rusia masih menyumbang sebagian besar dari itu sebesar 45%. Tapi tajuk utama di sini adalah bahwa pangsa Moskow adalah 65% pada 2016 – dan di sinilah AS melihat peluang.

Pangsa Washington telah tumbuh tetapi masih hanya 11%, di belakang Prancis 29%. Jadi beberapa kesepakatan pertahanan yang mahal tidak dapat dihindari – mereka kemungkinan besar akan mengumumkan pembelian drone “Reaper” MQ-9A yang telah teruji pertempuran oleh India, dan kesepakatan antara General Electric dan perusahaan negara India untuk memproduksi mesin jet tempur di India.

Kerja sama pertahanan antara kedua negara telah “berjalan jauh,” kata Kugelman.

“Jika Anda melihat catatan baru-baru ini, orang dapat berargumen bahwa perlakuan yang diberikan Amerika Serikat kepada India tidak berbeda dengan yang diberikannya kepada banyak sekutunya,” katanya.

sumber gambar, Gambar Getty

keterangan foto,

Kedua pemimpin bertemu musim gugur yang lalu – ada banyak desas-desus seputar perjalanan Modi ke AS

AS sekarang adalah mitra dagang terbesar India dengan $130 miliar, tetapi para analis mengatakan masih ada potensi besar yang belum dimanfaatkan. Ada perbedaan signifikan antara kedua negara mengenai tarif dan kontrol ekspor India telah menandatangani perjanjian perdagangan bebas dengan Australia dan Dubai dan sedang mendiskusikan kesepakatan serupa dengan negara lain termasuk Kanada, Inggris Raya dan Uni Eropa, tidak ada kesepakatan seperti itu di kartu kunjungan ini tetapi para pemimpin dapat mendiskusikan atau setidaknya membuka jalan untuk menyelesaikan masalah terkait perdagangan di masa depan.

Mr Kugelman mengatakan perbedaan tidak diabaikan tetapi dikesampingkan untuk kepentingan bidang kerja sama yang saling menguntungkan.

Namun dia menambahkan bahwa perdagangan antara perusahaan India dan AS telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir meskipun ada perbedaan di antara pemerintah.

Ini mungkin bukan prioritas tertinggi, tetapi perdagangan pasti akan terungkap ketika kedua pemimpin membahas masalah rantai pasokan global akibat pandemi dan monopoli China.

“Perdagangan adalah subjek yang menyakitkan, tetapi saya pikir pendekatan kebijakan perdagangan kedua belah pihak berbeda hari ini. Tetapi Anda tidak dapat melihat masalah rantai pasokan global tanpa membahas perdagangan pada akhirnya,” kata Madan.

Waktu kunjungan juga menarik karena kedua negara akan mengadakan pemilu tahun depan dan kedua pemimpin akan melihat judul yang bisa mereka jual ke audiens domestik mereka.

Jadi, beberapa kesepakatan pembuatan berita besar tidak bisa dihindari. Tapi kemudian, hubungan antara AS dan India selalu rumit – dengan ketidakpercayaan selama beberapa dekade diikuti dengan pembangunan kembali kepercayaan dan kemudian eskalasi ketegangan sesekali.

Tetapi Biden tampaknya bertekad untuk membuat hubungan India-AS bersinar meskipun beberapa orang di negaranya mempertanyakan catatan hak asasi manusia India di bawah Modi.

Pernyataan baru-baru ini oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengungkapkan banyak hal tentang keadaan hubungan tersebut: “Kami tahu bahwa India dan Amerika Serikat adalah dua negara yang besar dan kompleks. Kami tentu memiliki pekerjaan yang harus dilakukan untuk meningkatkan transparansi, meningkatkan akses pasar, dan memperkuat demokrasi kita untuk membuka seluruh potensi rakyat kita Namun lintasan kemitraan ini Jelas dan penuh janji.

BBC News India sekarang ada di YouTube. Klik Di Sini Untuk berlangganan dan menonton film dokumenter, penjelasan, dan fitur kami.

Baca lebih banyak cerita India dari BBC: