Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Momentum ekonomi akan mencapai puncaknya di musim panas

Menurut Wifo, pemulihan ekonomi Austria terus berlanjut. Institute for Economic Research mengatakan dalam laporan ekonomi bulanannya pada hari Selasa bahwa momentum telah melemah baru-baru ini dan akan segera mencapai maksimum – masih dalam bulan-bulan musim panas. Pada bulan Juli, output ekonomi kemungkinan sekitar 6,7 persen lebih tinggi dari bulan yang sama tahun lalu, menurut indikator aktivitas mingguan.

Pemulihan ekonomi dipercepat secara signifikan karena pencabutan pembatasan resmi Corona di banyak industri selama kuartal kedua. Di sisi penawaran, ini terutama mempengaruhi layanan terkait konsumen seperti ritel, gastronomi, akomodasi, dan layanan terkait tubuh. Kegiatan industri dan konstruksi yang menguntungkan terus berlanjut, menurut Wifo. Dengan PDB pada Juli naik 6,7 persen dari tahun sebelumnya, aktivitas ekonomi kembali ke tingkat sebelum krisis, rata-rata 2019.

Pendakian berlanjut

Menurut Wifo, indikator utama menunjukkan berlanjutnya fase kenaikan. Hasil survei bisnis Wifo pada Juli kembali menunjukkan penilaian situasi yang membaik, meskipun prospek bisnis akhir-akhir ini sedikit memburuk.

Menurut Wifo, belum membaiknya penilaian ekonomi secara dramatis seperti bulan-bulan sebelumnya terutama karena indikator yang sudah tinggi. Oleh karena itu, dinamika pertumbuhan akan segera mencapai puncaknya.

Wifo menunjukkan tingkat inflasi di Austria pada bulan Juni sebesar 2,8% berdasarkan HS. Ini sekali lagi secara signifikan lebih tinggi dari zona euro (+1,9 persen). Selain itu, harga energi akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap inflasi, tetapi kenaikannya disebabkan oleh tingkat harga yang sangat rendah pada tahun sebelumnya dan dengan demikian disebut efek dasar. Juga, di restoran dan hotel, harga baru-baru ini meningkat secara signifikan – di sisi lain, harga makanan dan minuman non-alkohol hampir tidak berubah.

READ  Otoritas Pertanian Masa Depan: Beginilah seharusnya keberlanjutan menjadi model bisnis