Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Nama baru, inti CPU baru: prosesor seluler Snapdragon 8 Gen 1 Qualcomm yang baru

Qualcomm tidak hanya membangun kembali teknologi, tetapi juga skema penamaan. Snapdragon SoCs (System on a Chip) tidak lagi memiliki tiga digit nomor model, tetapi hanya satu digit ditambah informasi generasi. Penerus Snapdragon 888 atau 888+ sekarang disebut Snapdragon 8 Gen 1 dan ini – tidak mengherankan – chip Qualcomm yang paling kuat hingga saat ini. Ini akan diikuti oleh Snapdragon 7, 6 dan 4. Bagaimana Qualcomm ingin menamai chipset yang berbeda dari seri yang sama di masa depan, namun untuk menghindari kebingungan, perusahaan belum mengungkapkannya. Komponen lain dalam SoC, terutama prosesor hexa, inti CPU yang didinginkan, dan Adreno-GPU, harus berfungsi tanpa nomor model tertentu.

Snapdragon 8 Gen 1 diproduksi oleh Samsung Foundry menggunakan teknologi 4nm dan memiliki delapan inti pemrosesan CPU: satu kuat berdasarkan ARM Cortex-X2 baru, tiga inti Cortex-A710 dan empat inti Cortex-A510. Untuk pertama kalinya, Qualcomm didasarkan pada set instruksi ARMv9 baru. Prosesor pabrikan hadir di banyak smartphone Android, misalnya dari Honor, Nokia, OnePlus, Realme dan dalam beberapa kasus Samsung.

Menurut pabrikan, inti X2 memiliki daya komputasi 30 persen lebih banyak daripada pendahulunya. Kesenjangan antara inti komputasi hemat daya yang lebih lemah dan lebih lemah kemungkinan akan lebih besar daripada kesenjangan antara X1, A78 dan A55, yang bekerja sama dengan Snapdragon 888. Mediateks Dimensity 9000 memiliki arsitektur yang sama dengan Snapdragon 8 Gen 1.

Selain daya komputasi, Qualcomm berfokus pada fitur foto dan video dari Snapdragon 8 Gen 1. SoC baru ini mampu memproses lebih banyak data dibandingkan pendahulunya. Qualcomm telah bosan dengan Image Signal Processor (ISP) 14 hingga 18-bit. Ini berarti chip dapat memproses data 4.096 kali lebih banyak pada saat yang sama daripada rekan Snapdragon 888. Hingga 240 frame pada resolusi 12MP, dengan model tahun sebelumnya, 120 frame per detik pada resolusi yang sama adalah batasnya. Qualcomm dapat mengandalkan dukungan untuk filter perangkat lunak dari Leica untuk mengonversi data mentah, yang juga dapat disediakan oleh Seri 8 dalam format RAW 18-bit sesuai permintaan. Snapdragon baru mendukung video HDR 8K. Foto 64MP dapat diambil saat merekam. Qualcomm juga menjanjikan komputasi bokeh dan Super Digital Zoom.

READ  Kami berkenalan dengan game paling menang tahun 2021

Qualcomm juga mengklaim telah meningkatkan pengenalan wajah menggunakan kamera depan. Ponsel cerdas dengan chip baru di perutnya harus dapat mengenali jika seseorang melihat dari balik bahu pengguna saat perangkat terkunci — dan kemudian tidak membukanya untuk mencegah orang asing melihat konten yang berpotensi sensitif. Dalam hal pengenalan wajah, Snapdragon 8 Gen 1 seharusnya mampu mengenali dan memproses hingga 300 titik pengukuran.

Menurut pabrikan, gamer seluler dapat menantikan peningkatan kinerja grafis sebesar 30 persen dari GPU Adreno yang baru. Qualcomm mengklaim telah melipatgandakan kinerja AI dengan menggandakan kinerja unit tensor prosesor hexa dan menggandakan memori. Sensing Hub sudah berada di generasi ketiga sebagai subprosesor dalam SoC dan dimaksudkan untuk membantu perangkat periferal mengumpulkan dan memproses data kesehatan dan kebugaran. Modem X65, yang merupakan bagian dari Snapdragon 8 Gen, mencapai kecepatan transfer hingga 10Gbps di jaringan 5G. Dengan modul WiFi baru, Snapdragon 8 Gen 1 mencapai kecepatan hingga 3,6Gbps melalui Wi-Fi 6 dan 6E. Semua informasi pabrikan harus diverifikasi dalam pengujian dan standar segera setelah perangkat dengan SoC baru tersedia.

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1

(Foto: Qualcomm)

Tidak lama lagi produsen perangkat akan memperkenalkan smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1. Qualcomm berasumsi bahwa model pertama dengan chip baru akan diumumkan sebelum akhir tahun dan akan dipasarkan beberapa saat kemudian. Paling lambat, smartphone kelas atas pada kuartal pertama 2022 harus membawa Nomor 8 baru ke dalam permainan.


(dia duduk)

ke halaman rumah