Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

NASA Insight Probe: Mengintip di bawah permukaan Mars dengan kebisingan sekitar

Sejak pendaratan wahana tak berawak NASA InSight di Mars pada November 2018, wahana itu telah menggunakan seismometer – Layanan Seismik Mars – untuk menilai aktivitas gempa di planet ini guna menarik kesimpulan tentang struktur internal planet.

Pada bulan Juli, tim ETH Zurich, bekerja sama dengan Layanan Seismologi Swiss (SED), memberikan wawasan kasar, misalnya, tentang ketebalan kerak Mars, mantel Mars, dan diameter inti cair.

Namun, struktur yang dekat dengan permukaan tidak dapat diidentifikasi dengan cara ini, kecuali dengan pengeboran. Sementara itu, para peneliti di ETH Zurich telah mengambil langkah ekstra: mereka menggunakan kebisingan sekitar di Mars (“kebisingan sekitar”) untuk menentukan geologi lokal. Teknik ini digunakan di Bumi, misalnya, untuk melihat apakah interior Bumi melemah atau memperkuat gelombang seismik. Dari sini, bahaya seismik suatu situs dapat ditentukan dan area tanah longsor yang tidak stabil di pegunungan atau di danau dapat dianalisis.

Meskipun ada banyak sumber kebisingan yang tersedia di Bumi, Angin adalah satu-satunya sumber kebisingan sekitar yang tersisa bagi para peneliti di Mars.

Temuan geologis Anda Mereka sekarang telah menerbitkan sejarah Mars pada kedalaman mulai dari beberapa puluh hingga dua ratus meter di Nature Communications.

Tidak seperti Bumi, tidak ada aktivitas tektonik lempeng di Mars. Itu dibentuk oleh fase aktivitas gunung berapi aktif. Daerah yang luas ditutupi dengan dataran tinggi lava basaltik. Analisis oleh ETH Zurich memberikan gambaran bawah permukaan rinci dari situs pendaratan Insight. Lapisan atas terdiri dari tiga meter pasir (regolith) dan batuan lepas setebal sekitar 20 meter, yang retak akibat tumbukan meteorit. Di bawah ini adalah lapisan aliran lava yang, menurut publikasi, menutupi planet ini dari 1,7 hingga 3,6 miliar tahun yang lalu.

READ  Battlefield 2042: Konfigurasi PC Terungkap

Lapisan lava dibagi oleh endapan yang terletak di kedalaman 30 hingga 75 meter. Gambar seismik lapisan geologis telah memungkinkan para peneliti untuk pertama kalinya memahami peristiwa geologis terpenting yang telah terjadi di lokasi pendaratan InSight di Mars selama tiga miliar tahun terakhir.


(Mac)

ke halaman rumah