Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

NASA merilis gambar penuh bintang yang menakjubkan dari Teleskop Webb

NASA merilis gambar penuh bintang yang menakjubkan dari Teleskop Webb

NASA pada hari Rabu dada Gambar bintang yang baru terbentuk dari Teleskop Luar Angkasa James Webb.

Gambar tersebut menangkap bintang baru lahir berwarna merah terang di dalam awan gas dan debu yang mengepul di tempat kelahiran bintang terkenal yang dikenal sebagai Pilar Penciptaan.

Protobintang merah, diperkirakan berusia beberapa ratus ribu tahun, terbentuk ketika simpul di awan mendapatkan massa yang cukup untuk runtuh di bawah gravitasinya sendiri dan perlahan-lahan naik suhunya, menurut pernyataan bersama dari koalisi di belakang Teleskop Webb, yang mencakup NASA , Badan Antariksa Eropa dan Badan Antariksa Kanada.

Adegan ditangkap oleh kamera inframerah-dekat Teleskop Webb, yang menyediakan kemampuan untuk mendeteksi cahaya dari bintang dan galaksi pertama. Teleskop yang diluncurkan Desember lalu itu telah mengirimkan gambar ke publik sejak Juli.

Pilar Penciptaan, pertama kali ditangkap oleh Teleskop Hubble pada tahun 1995, kiri, telah dicitrakan oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb dalam cahaya inframerah-dekat, untuk menentukan jumlah bintang bayi yang lebih akurat, bersama dengan jumlah gas dan debu.

Institut Sains Teleskop Luar Angkasa / NASA

Pernyataan itu mengatakan bahwa gambar dalam kasus ini menggambarkan lokasi di dalam Nebula Elang, yang berjarak 6.500 tahun cahaya.

Pernyataan itu menambahkan bahwa gambar “Pilar Penciptaan” akan membantu para peneliti meningkatkan pemahaman mereka tentang pembentukan bintang dengan menentukan gugus bintang yang paling akurat serta jumlah gas dan debu di wilayah tersebut.

Pilar Penciptaan pertama kali ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble pada tahun 1995. Sejak itu, sekelompok teleskop yang semakin maju telah dilatih di situs bertabur bintang.

Pernyataan bersama itu mengatakan teleskop Webb adalah teleskop terbesar dan paling kuat yang pernah diluncurkan ke luar angkasa.

READ  Mengapa Perkebunan Pinang Menyebabkan 'Demam Monyet'

Gambar dari Teleskop Webb muncul Jupiter dan galaksi hantu.